Peningkatan Analisis Desain Eksperimen Dosen Politeknik Kesehatan Kemenkes Jambi Guna Menunjang Kualitas Penelitian

Gusmi Kholijah, Niken Rarasati, Corry Sormin, Gusmanely Z

Abstract

Salah satu kewajiban dosen adalah melaksanakan penelitian yang tertuang dalam undang-undang. Namun, dalam penelitian tidak jarang dosen menemukan kendala. Salah satu kendalanya adalah analisis data penelitian. Terkadang analisis yang dilakukan tidak sesuai dengan sifat dan jenis dari data penelitian sehingga menghasilkan kesimpulan yang keliru dan berdampak penolakan artikel penelitian saat publikasi. Tim pengabdian memperoleh informasi mengenai kendala tersebut dialami oleh dosen Politeknik Kesehatan Kemenkes Jambi mengenai analisis data tentang rancangan percobaan. Permasalahan ini ditemukan pada saat memberikan perlakuan kepada objek pengamatan dari beberapa sampel berbeda untuk pengulangan dan pada saat pengolahan analisis data dari rancangan percobaan. Percobaan dengan pengulangan terhadap objek pengamatan dengan perlakuan tertentu termasuk dalam ranah desain eksperimen. Tujuan dari desain eksperimen ini untuk dapat melihat perbedaan antar objek pengamatan. Tim pengabdian mengadakan pengabdian di Politeknik Kesehatan KEMENKES Jambi. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan kepada para dosen. Kegiatan pelatihan yang telah dilaksanakan diperoleh bahwa para peserta menunjukkan perhatian dan antusias yang tinggi terhadap materi yang disampaikan, dengan hasil yang diperoleh yaitu para peserta memahami dan dapat menerapkan analisis eksperimen yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan Rancangan Acak kelompok (RAK) untuk penelitian pelatihan tentang analisis eksperimen meningkatkan pengetahuan peserta tentang Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan Rancangan Acak Kelompok (RAK).

Keywords

Acak Kelompok; Acak Lengkap; Desain Eksperimen

Full Text:

PDF

References

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 Tentang Dosen. Undang-Undang Republik Indonesia. Jakarta. 50 Halaman.

Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Undang-Undang Republik Indonesia. Jakarta. 97 Halaman.

Agresti, A. 2007. An Introduction to Categorical Data Analysis Second Edition, 2nd ed. John Wiley dan Sons. Canada.

Muthahharah, I. Harjuna, dan Bungatang. 2021. Peningkatan Keterampilan Guru melalui Pelatihan Analisis Data Kuantitatif. Abdimas Langkanae Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2):68-73.

Kholijah, G., Rarasati, N., dan Sormin, C. 2021. Pelatihan Peningkatan Kualitas Analisis Regresi Sederhana dengan Minitab dan SPSS untuk Dosen di Politeknik Kemenkes Jambi. Prosiding Seminar Nasional UNIIMUS. Jambi. 13 Oktober 2021. E-ISSN: 2963-2277. Halaman 1957-1961.

Hinkelman, K dan Kempthorne, O. 2008. Design and Analysis of Experiments, 2nd ed. John Wiley & Sons, Inc. USA.

Montgomery, D.C. 2021. Design-and-Analysis-of-Experiments, 5th ed. John Wiley & Sons. USA.

Bulu, V.R., Nahak, R.L., and Lawa, S.T.N. 2021. Pelatihan Pengolahan dan Analisis Data Menggunakan SPSS,” Pemimpin (Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 1(1):1-4.

Jayadi, A dan Anwar, Z. 2017. Pemanfaatan Aplikasi SPSS untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Mengolah Data Statistika. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan, 2(2):111-113.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Tentang Buku Panduan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri. 2021. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek Jakarta. 42 Halaman.

Fadmi, F.R dan Buton, L.D. 2020. Pelatihan Analisis Data Bivariat Menggunakan SPSS Bagi Dosen STIKES Mandala Waluya Kendari. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 1(1):9-15.

Sofiyanurriyanti, Izzah, N., A. Rufaidah, A., and Rosyidi, M. 2021. Program Pengabdian Masyarakat Mielalui Workshop Analisis Data Penelitian Bidang Pendidikan Menggunakan Softwaree SPSS,” E-Amal (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2):111-118.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.