Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office Dan Administrator OpenSID Untuk Aparatur Desa Tumpakoyot

Pramana Yoga Saputra, Odhitya Desta Triswidrananta, Muhammad Afif Hendrawan, Dika Rizky Yunianto, Muhammad Shulhan Khairy

Abstract

Desa Tumpakoyot merupakan desa yang terletak di bagian paling selatan Kabupaten Blitar tepatnya di Kecamatan Bakung. Desa Tumpakoyot memiliki 11 aparatur pemerintah desa, dimana terdapat 4 aparatur pemerintah desa yang akan memasuki masa purna tugas. Pemerintah desa merasa mengalami kesulitan untuk mencari pengganti yang mumpuni untuk mengantikan aparatur desa yang akan purna tugas. Tim pengabdi mengusulkan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berfokus pada pengembangan SDM aparatur pemerintah desa. Program yang diusulkan adalah pelatihan Microsoft Office dan OpenSID untuk mendukung proses bisnis Desa Tumpakoyot. Pelatihan Microsoft Office dilakukan untuk meningkatkan kempuan Desa Tumpakoyot untuk melakukan pengolahan administrasi dan juga pengolahan data, khususnya dana desa. Selanjutnya, pelatihan OpenSID merupakan pelatihan terkait dengan administrasi aplikasi web desa yang dimiliki oleh Desa Tumpakoyot. Pengabdi berharap dengan adanya program pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas SDM aparatur pemerintah Desa Tumpakoyot sehingga mencapai misi yang telah digagas oleh pemerintahan desa.

Keywords

Microsoft Office; OpenSID

Full Text:

PDF

References

Desa Tumpakoyot. 2023. Tabel Data Demografi Berdasarkan Pekerjaan 2020. Diakses pada 23 Maret 2023. http://tumpakoyot.desa.id/first/statistik/.

Abdiansah, Utami, A.S., Yusliani, N., Miraswan, K.J., dan Oklilas, A.F. 2021. Penerapaan Sistem Informasi Desa Menggunakan OpenSID di Desa Tanjung Dayang Selatan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6):1472-1479.

Herpendi, H. 2017. Sistem Informasi Desa di Kecamatan Takisung. Jurnal Sains dan Informatika, 3(2):76-82.

Mandar, G., Muhammad, A.H., Ajisaputro, B., dan Hidayatullah, M.I. 2022. Pemanfaatan OpenSID sebagai Media Sistem Informasi Desa Cemara Jaya Halmahera Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1):13-20.

Afendi, A.H., Sholihah, N., Mutmainah, F., Ishak, K.A., Lubis, A. 2022. Penggunaan Microsoft Office Untuk Meningkatkan Monivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, 8(1):1-5.

Jamun, Y. M. 2018. Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1):48-52.

Huda, A.I. 2020. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1):121-125.

Ramadhan, A.F., Putra, A.D., dan Surahman, A. 2021. Aplikasi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality (Ar). Jurnal Teknologi, (1)2:24-31.

Yusfrizal, Meizar, A., Nurhayati, dan Kurniawan, H. 2021. Pengolahan Data Nilai Siswa Menggunakan Microsoft Excel. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1):85-91.

Niani, C.R dan Lewaherilla, N. 2021. Analisis Kemampuan Pengolahan Data Berbasis Ms. Excel Pada Mahasiswa Semester Akhir Universitas Teuku Umar. Jurnal Matematika dan Terapan, 15(2):203-214.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.