Digitalisasi Pelayanan Publik Melalui Program Kalimasada Di Kelurahan Keputih, Kota Surabaya

Nadia Afny Zuraida, Ignatia Martha Hendrati, Wirya Wardaya

Abstract

Adanya globalisasi membuat pelayanan publik diharapkan dapat berdampingan dengan perkembangan teknologi. Inovasi aplikasi Klampid New Generation (KNG) merupakan salah satu inovasi berupa aplikasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya yang sudah membuat pelayanan publik lebih cepat, mudah, tepat, dan efisien. Penerapan aplikasi dalam pelayanan administrasi kependudukan diharapkan meningkatkan kesadaran penduduk terhadap administrasi kependudukan. Kelurahan Keputih menjadi salah satu kelurahan yang menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pelayanan administrasi kependudukan. Selain itu adanya program KALIMASADA (Kawasan Lingkungan Masyarakat Sadar Administrasi Kependudukan) membuat masyarakat di wilayah Keputih mulai melengkapi dokumen kependudukan yang dimiliki. Tanpa adanya data kependudukan yang valid maka kebijakan-kebijakan dibuat oleh pemerintah juga akan kurang tepat sasaran. Oleh karena dari itu, penting sekali melakukan pelaporan peristiwa kependudukan sebagai upaya tertib dalam administrasi kependudukan.

Keywords

administrasi kependudukan; Klampid New Generation; KALIMASADA; Kelurahan Keputih

Full Text:

PDF

References

Agustin, F.O. 2023. Implementasi Klampid New Generation (Kng) Untuk Mempermudah Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kelurahan Dukuh Menanggal Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Admninistrasi Publik, 3(2):185-190.

Anis, I., Usman, J., dan Arfah, S.R. 2021. Efektivitas Program Pelayanan Kolaborasi Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gowa. E-Journal UNIMUS, 2(3):1105-1116.

Aris, M., Agustang, A., dan Idkhan, A.M. 2021. Efektifitas Pelayanan Aparatur Sipil Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal Goverment and Politik, 1(2):127-133.

Arini, N.D dan Hariyoko, Y. 2023. Optimalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Rangkah, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya. ULIL ALBAB Jurnal Ilmu Multidisiplin, 2(2):713-718.

Hidayatulloh, K.S dan Basyar, M.R. 2023. Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan melalui Aplikasi KNG (Klampid New Generation) di Kelurahan Pegirian, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. ULIL ALBAB Jurnal Ilmu Multidisiplin, 2(2):733-740.

Nafisah, A dan Marwiyah, S. 2022. Efektivitas Pelayanan Admnistrasi Kependudukan Melalui Kanal Website Go Digital (Godigi) Di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo. Jurnal Niara, 15(3):507-513.

Nurrahman, A dan Rahman, J. 2021. Efektivitas Sicantik Cloud Pada Pelayanan Publik Perizinan Berbasis E-Goverment Dikabupaten Purwakarta, Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintah, 3(2):31-50.

Hidayati, S.N dan Hariyoko, Y. 2023. Implementasi Klampid New Generation (Kng) Terhadap Pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Rangka Menciptakan Tertib Administrasi Di Kelurahan Gading Kota Surabaya, 3(2):46-54.

Angkat, K.M., Kadir, A., dan Isnaini, I. 2018. Analisis Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi. Jurnal Administrasi Publik, 7(1):33-48.

Putri, A.D dan Basyar, M.R. 2023. Implementasi Klampid New Generation dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Kelurahan Klampis Ngasem Kota Surabaya. ULIL ALBAB Jurnal Ilmu Multidisiplin, (2):2:694-701.

Refbacks