Membangun Kemandirian Ekonomi Organisasi Melalui Pendekatan Asset Based Community Development (ABCD)

Nita Fitriana, Qurrata A’yunina

Abstract

Sebagai organisasi yang tidak berorientasi pada profit, organisasi Ikatan Pelajar Putri Nahdaltul Ulama (IPPNU) Kota Yogyakarta tidak jarang dihadapkan pada permasalahan finansial. Hal tersebut dikarenakan organisasi IPPNU belum memiliki sumber pendanaan yang rutin dan tetap. Kegiatan pengabdian ini bertujuan: 1) Memetakan asset organisasi, dan 2) Merumuskan dan membuat program ekonomi sebagi sumber pendanaan organisasi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). ABCD merupakan pendekatan yang berfokus terhadap pemetaan 5 aset (Sumber Daya Manusia, Sosial, Fisik Keuangan, Sumber Daya Alam, dan Budaya) yang dimiliki oleh organisasi dengan 4 tahapan implementasi (discovery, dream, design, destiny). Hasil dari pengabdian ini adalah 1) Organisasi memiliki peta aset yang jelas, dan 2) terwujudnya 3 program ekonomi organisasi berupa lembaga bimbingan belajar, edu event organizer, dan group Hadroh.

Full Text:

PDF

References

Pelajarnujogja. PC IPNU-IPPNU KOTA YOGYAKARTA (@pelajarnujogja) • Instagram photos and videos. Diakses pada 23 Mei 2023. https://www.instagram.com/pelajarnujogja/.

Dinanti, R. 2019. Organisasi Non-Profit Dalam Mendapatkan Donasi. Jurnal Komunikasi, 13(2):121-130.

Sontag-Padilla L, Staplefoote BL, Gonzalez Morganti K. 2022. Financial Sustainability for Nonprofit Organizations: A Review of the Literature. RAND Corporation. Diakses pada 27 Juni 2023. https://www.rand.org/pubs/research_reports/RR121.html.

Heryana A. 2019. Pendanaan Organisasi Nirlaba. Universitas Esa Unggul.

Zenmira, K.N. 2022. Analisis Gaya Kepemimpinan Organisasi Nirlaba Terhadap Efisiensi Event. Jurnal tata Kelola Seni, 8(1):13-22.

Riyanti, C dan Raharjo, S.T. 2021. Asset Based Community Development Dalam Program Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1):115-126.

Astawa, I.P.M., Pugra, I.W., dan Suardani, M. Pemberdayaan Masyarakat Lanjut Usia dengan Pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) di Dusun Kawan Desa Bakas Kabupaten Klungkung. Jurnal Bhakti Persada, 8(2):108–166.

Yuwana, S.I.P. 2022. Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat dengan Menggunakan Metode Asset Bassed Community Development (ABCD) di Desa Pecalongan Kec . Sukosari Bondowoso. Sasambo, 4(3):330-338.

Nurdiyanah, Parmitasari, Rika D.A., dan Irvan, M., Serliah, Haruna., dan Nadyah. 2016. Panduan pelatihan dasar Asset Based Community Developmnet (ABCD). Nur Khainirunnisa. Makasar.

Mirza, M. 2019. Asset-Based Community Development : Strategi Pengembangan Masyarakat di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2):259-278.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.