Pelatihan Pengelolaan Sampah di SD Negeri 02 Kota Bengkulu Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Lingkungan Bagi Siswa Sekolah Dasar

Elfi Yuliza, Dyah Setyo Rini, Herlin Fransiska, Nutia Rosdalena, Reyvo Valeriyan, Eko Heru Purwanto, Muhammad Taufiqurrahman Syah

Abstract

Permasalahan sampah di Kota Bengkulu merupakan masalah klasik dan krusial yang belum ada solusinya. Padahal, masalah ini sudah berimbas pada berbagai aspek kehidupan seperti kesehatan, ekonomi, pariwisata, kebencanaan dan lain sebagainya. Salah satu penyebab belum teratasinya masalah sampah ini berkaitan dengan budaya dan karakter masyarakat yang belum peduli terhadap sampah dan efeknya terhadap lingkungan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan budaya dan karakter peduli lingkungan adalah melalui pemberian dan peningkatan literasi lingkungan sejak dini. Pemahaman tentang pengelolaan sampah sudah mulai dilakukan di SD Negeri 02 Kota Bengkulu, namun pandemi Covid-19 yang melanda 2 tahun terakhir telah merubah tatanan dalam penerapan program pengelolaan sampah. Saat ini, untuk melakukan penerapan terkait pemahaman peduli lingkungan, pihak sekolah memiliki keterbatasan pada belum terintegrasinya tema khusus literasi lingkungan pada kurikulum. Disamping itu, terdapat tiga angkatan yang belum mendapatkan pemahaman terkait peduli lingkungan. Berdasarkan permasalahan ada, dua masalah utama yang ditemukan, yaitu (1) metode penyampaian dan penerapan materi peduli lingkungan yang aktif, interaktif, menarik serta mudah dipahami oleh siswa kelas III SD, (2) kekurangan fasilitas bank sampah dengan pemisah jenis serta pengelolaan sampah menjadi barang yang bernilai guna. Kedua permasalahan ini dapat diselesaikan dengan menerapkan sains teknologi masyarakat melalui penyediaan media pembelajaran yang lebih interaktif menggunakan video animasi edukasi, poster-poster dengan ilustrasi yang menarik, penyediaan bank sampah, dan pendampingan pemanfaatan sampah.

 

Keywords

literasi lingkungan; pembelajaran interaktif; pengelolan sampah

Full Text:

PDF

References

Pemprov Bengkulu. 2014. Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Bengkulu Tahun 2014. Provinsi Bengkulu.

Putri, D.Y., Yuliza, E., dan Lizalidiawati. 2021. Kajian Kualitas Air dan Indeks Pencemaran di Perairan Kampung Sejahtera Pulau Baai Kota Bengkulu. Newton-Maxwell Journal of Physics, 2(2):45-53.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., dan Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2):1696-1705

Kusumaningrum, D. 2018. Literasi Lingkungan dalam Kurikulum 2013 dan Pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(2):57-64.

Rini, D.S., Novianti, P., Sriliana, I., 2020. Pelatihan Literasi Statistik Berbasis HOTS di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2):314-325.

Rini, D. S., Fransiska, H., Rosdalena, N., Valeriyan, R., Purwanto, E. H., Syah, M. T., dan Yuliza, E. 2022. Strategi Peningkatan Literasi Kebencanaan dengan Pendekatan Sains dan Teknologi Masyarakat bagi Siswa Sekolah Dasar di Wilayah Pesisir Kota Bengkulu. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(10):3539-3546.

Sukarini, K dan Manuaba, I.B.S. 2021. Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1):48-56.

Setiawan, Y., Yanti, N., dan Rini, D.S. 2021. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Animasi guna Meningkatkan Kualitas Proses KBM pada Dewan Guru di SMAN 7 Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Reksa, 2(2):51-59.

Hadi, A.I., Farid, M., dan Fauzi, Y. 2012. Pemetaan percepatan getaran tanah maksimum dan kerentanan seismik akibat gempa bumi untuk mendukung Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Fisika Indonesia, 1(2):81-86.

Lubis, A.M., Wahyu, M., Sahputra, R., dan Samdara, R. 2021. Estimasi deformasi Interseismic di daerah pantai Bengkulu bagian selatan dengan menggunakan metode survey GPS geodetik. Jurnal Geosaintek, 7(2):47-54.

Sumanjaya, E., Samdara, R., dan Lubis, A.M. 2016. Pengaruh sumber gempa bumi terhadap deformasi (studi kasus: gempa bumi Bengkulu 12 Septemebr 2007 Mw 8,5). Jurnal Gradien, 12(2):1197-1202.

Febriawati, H., Angraini, W., Ekowati, S., dan Astuti, D. 2017. Analisis Manajemen Bencana Gempa di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(1):28-33.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.