Peningkatan Usaha Kecil Industri Rumah Tangga Keripik Usus Di Kelurahan Kedungkandang

Anies Fuady, Ruli Saefuddin, Shinta Kusumawati, Mustaufir Mustaufir

Abstract

Usaha kecil rumah tangga saat ini banyak digeluti oleh masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas ekonomi dan kesejahteraan, serta membantu mendukung ketahanan ekonomi nasional. Salah satu contohnya adalah industri kripik usus yang dimiliki oleh Ibu Siti Lailatul Muclifah, yang berlokasi di Jalan Mayjend Sungkono RT: 08 RW: 06, Kota Malang. Namun, ada beberapa permasalahan yang masih dihadapi oleh pelaku usaha tersebut. Salah satunya adalah kesulitan dalam meningkatkan jumlah dan kualitas produksi kripik usus, yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya penggunaan alat berbasis teknologi dan kurangnya pemahaman dalam mengelola sistem keuangan serta permasalahan dalam pemasaran produk. Dalam rangka membantu mitra usaha industri keripik usus tersebut maka metode pengabdian yang digunakan yaitu melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat seperti melakukan sosialisasi dan pelatihan, yaitu memberikan pemahaman materi terkait pengelolaan keuangan dan administrasi usaha, serta pendampingan terhadap alat inovatif berbasis teknologi untuk mengembangkan dan meningkatkan industri kripik usus yang berkualitas. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mencakup pelatihan dan pendampingan dalam pengembangan alat berbasis IPTEK, serta manajemen keuangan dan pemasaran yang optimal. 

Keywords

Kendung Kandang; kripik usus; usaha kecil rumah tangga

Full Text:

PDF

References

Sulaeman, M.M. 2020. Sosialisasi Kewirausahaan dalam Upaya Peningkatan UMKM Desa Palangan Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya, 2(1):16-22.

Imron, A dan Syafa’at, M. 2020. Revitalisasi Home Industry Berbasis Modal Sosial Sebagai Strategi Ketahanan Ekonomi Menghadapi Pandemi Covid-19. Prosiding Nasional Covid-19. Halaman 97-101.

Nuraeni, Y. 2018. Dampak Perkembangan Industri Pertambangan Nikel Terhadap Kondisi Sosial, Ekonomi Dan Budaya Masyarakat. Seminar Nasional Edusaintek. ISBN : 978-602-5614-35-4. Halaman 12-22.

Raco, J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakter dan Keunggulannya. PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Moleng, I.L. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif, I. Remaja Rosda Karya. Bandung.

Afiyah, N.D dan Sarbini, R.N. 2021. Pembuatan, Pelatihan Usus, Keripik Pkk, Bagi Ibu-ibu. Jurnal Surya Abdimas, 5(4):443-449.

Saptono, A., Dewi, R.P., dan Suparno. 2016. Pelatihan Manajemen Usaha Dan Pengelolaan Keuangan Ukm Bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Purna Di Sukabumi Jawa Barat. Jurnal Sarwahita, 13(1):6-14.

Nurhayati, N., Saputra, S.R., dan Betriana, T. 2023. Optimasi Produksi Usaha Keripik Singkong Dan Keripik Usus Ayam. Jurnal Rawa Sains, 13(1):33-42.

Ambarita, C.F., Triono, M.A.A., Soeprayogi, H., dan Ambarita, D.F.P. 2020. Peningkatan Penjualan Produk Kerajinan Rotan Melalui Diversifikasi Produk Pada Masyarakat Kecamatan Medan Sunggal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(1):43-46.

Sinta, V., Rifa’i, M.N., Priyono, S., dan Muksin, A. 2023. Sosialisasi Pemasaran Berbasis E-Commerce pada Home Industri di Desa Mergotentrem Kabupaten Oku Timur (Socialization of E-Commerce Based Marketing for Home Industries in Mergotentrem Village, East Oku District). Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4):247-255.

Maduretno, T.W and Fajri, L. 2019. The Effect Of Optimization Learning Resource Based On Planning, Organizing, Actuating, Controlling (POAC) On Contextual Learning to Students’ Conceptual Understanding of Motion and Force Material. Jurnal Physic Conference Series, 1171(1):1-7.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.