Penerapan Model Budidaya Tanaman Untuk Pencegahan Kerusakan Lahan

Widowati Widowati, Ana Arifatus Sa'diyah, Hariadi Darmawan, Retno Wilujeng

Abstract

Kabupaten Tuban merupakan salah satu wilayah dengan pertumbuhan industri yang sangat pesat, yang terancam keseimbangan ekologisnya di kawasan hulu yang agraris dan forestris dengan kawasan hilir yang industri. Untuk itu, diperlukan upaya peningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat serta para pemangku kepentingan tentang percontohan penerapan model budidaya tanaman pencegah kerusakan lahan sebagai peningkatan upaya pencegahan kerusakan lahan. Upaya tersebut dilakukan dengan metode pendekatan kegiatan FGD (Focussed Group Discussion) dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat, untuk percontohan adalah Desa Jetak, Kecamatan Montong, yang berada di sebelah selatan wilayah Kabupaten Tuban sebagai kawasan hulu. Hasil FGD menjustifikasi keadaan dan status degradasi lahan hutan Bongok di lokasi kegiatan yang terkategori kritis dan perlu dinisiasi dengan Aksi Konservasi dan Restorasi Ekosistem di Hutan Bongok. Aksi ini merupakan penerapan metode vegetatif konservasi dan restorasi lahan, dengan tiga langkah aksi pendampingan, yaitu: penerapan model budidaya tanaman di bawah pohon tegakan, penerapan model pertanian terpadu-tanaman kopi-indigofera-ternak kambing termasuk inisiasi alih teknologi dan inovasi berbasis kopi, serta pengembangan usaha pengolahan produk pertanian-peternakan dan usaha pewarna alami.

 

Keywords

keseimbangan ekologis; konservasi metode vegetatif; pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References

Hajar, N.K.D.S., Amrizal, D., Izharsyah, J. R., dan Mahardika, A. 2021. Perencanaan Pembangunan dan Pembuatan Kebijakan Daerah: Dari Teori Ke Praktik (Vol. 1). Umsu Press. Medan. 26 Pebruari 2021. E-ISBN: 978-623-6888-59-9. Halaman 1-45.

Susmianto, A., Wawandono, N.B., Triswanto, A., Pujiati, Munawir, A., Gunawan, Yusuf, L.R., Diniyanti, R., Gumilang, R.S. 2017. Kisah Keberhasilan Pemulihan Ekosistem di Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam secara Partisipatif. Forda Press.

Ulum, M.C dan Ngindana, R. 2017. Environmental Governance: Isu Kebijakan dan Tata Kelola Lingkungan Hidup. Universitas Brawijaya Press.

Fauziyah, S.H dan Muh Iman, S.H. 2020. Perubahan Alih Fungsi Lahan. Deepublish.

Anhar, A., Abubakar, Y., Widayat, H.P., Rachmadi, D., Herawati, R., dan Umam, A.H. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Hutan Berbasis Konservasi dan Budidaya Kopi Ramah Lingkungan: Buku untuk mahasiswa. Syiah Kuala University Press.

Hidayat, H. 2015. Pengelolaan Hutan Lestari: Partisipasi, Kolaborasi dan Konflik. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Pertiwi, N. 2017. Implementasi Sustainable Development di Indonesia.

Matheus, R. 2019. Skenario Pengelolaan Sumber Daya Lahan Kering: Menuju Pertanian Berkelanjutan. Deepublish.

Fitri, D. R. K. 2018. Valuasi ekonomi sumber daya alam dan lingkungan. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(1):125-134.

Ibty, I. 2017. Kapasitas Pemberdayaan Masyarakat, Kebutuhan Mitigasi Risiko Pelayanan Publik, Kajian dari Audit Sosial Pemberdayaan. Jurnal Enersia Publika: Energi, Sosial, dan Administrasi Publik, 1(2):51-66.

Octavia, D., Yeny, I., dan Ginoga, K.L. 2020. Pengelolaan Hutan Secara Partisipatif Menuju KPH Hijau untuk Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Deepublish.

Gischa, S. 2022. 7 Cara Mencegah Erosi. Diakses pada 14 Mei 2023 dari https://www.kompas.com/skola/read/2022/04/28/ 200000269/7-cara-mencegah-erosi?page=all.

Suparwata, D.O. 2018. Pandangan Masyarakat Pinggiran Hutan Terhadap Program Pengembangan Agroforestri.

Mayrowani, H. 2011. Pengembangan Agroforestry untuk Mendukung Ketahanan Pangan Dan Pemberdayaan Petani Sekitar Hutan.

Supriadi, H dan Pranowo, D. 2015. Prospek Pengembangan Agroforestri Berbasis Kopi Di Indonesia. Perspektif: Review Penelitian Tanaman Industri, 14(2):135-150.

Arofi, F., Rukmana, D., dan Ibrahim, B. 2015. The Analysis Of Integration Sustainability Of Coffee Plantation and Goat Husbandry (a Case Study In Ampelgading Subdistrict, Malang Regency, East Java, Indonesia). Journal of Economics and Sustainable Development, 6(10):1-9.

Widowati, Sutoyo, dan Karamina, H. 2017. Penanggulangan Tanah Terdegradasi Dengan Biochar Pada Tanaman Jagung. IRDH (Research & Publishing).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.