PENINGKATAN PERAN PETANI DALAM PENGEMBANGAN VARIETAS JAGUNG MANIS (Zea mays L. Saccharata) MELALUI PROGRAM PARTICIPATORY BREEDING

Reza Prakoso Dwi Julianto, Arifin Noor Sugiharto, Erik Priyo Santoso

Abstract

Sektor pertanian merupakan sektor yang  strategis dan berperan penting dalam perekonomian nasional dan kelangsungan  hidup masyarakat. Selama beberapa puluh tahun terakhir, sistem pertaniandi Asia Tenggara telah mengalami erosi (pengikisan) sumber genetik yang luar biasa.Kebutuhan untuk meningkatkan produksi pangan yang sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk telah mendorong pengembangan varietas tanaman modern di Asia dari negara barat.Ini mengakibatkan ribuan varietas tradisional menjadi berkurang, bahkan hilang dari peredaran.Melalui kegiatan pemuliaan tanaman diharapkan dapat dihasilkan suatu varietas baru yang mampu berproduksi tinggi meskipun dalam kualitas lingkungan yang kurang baik. Laporan DITJEN P2HP tahun 2008 menyebutkan bahwa petani di jawa timur pada umumnya mempunyai tingkat pendidikan yang relative rendah yaitu 80 % dari mereka hanya tamatan Sekolah Dasar (SD).  Melaui kegiatan pemuliaan tanaman diharapkan dapat membantu petani meningkatkan pengetahuan dan keterampilan  sehingga tidak kalah dalam persaingan global. Proses transfer ilmu pengetahuan dan teknologi pemuliaan tanaman kepada kelompok tani dilakukan dengan pola pelatihan serta pendampingan, hal tersebut dimaksudkan agar petani dapat melakukan kegiatan pemuliaan tanaman dengan benar dan tepat, sehingga dapat menghasilkan varietas baru yang lebih adoptable. Melalui kegiatan ini dihasilkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang dapat digunakan sebagai panduan oleh kelompok tani dalam kegiatan pemuliaan tanaman.

Full Text:

PDF

References

BPS. 2007. Proyeksi Penduduk 2000-2025.

BPS. 2006. Tingkat Kemiskinan di Indonesia Tahun 2005-2006. Berita Resmi Statistik. No. 47/IX/1 September 2006.

Ditjen Tanaman Pangan dan Hortikultura, 2008. Tingkat Pendidika Petani di Jawa Timur. Dit. Bina Perbenihan, Ditjen Tanaman Pangan dan Hortikultura, Jakarta.

Gepts, P and Hancock, J. 2006. The future of plant breeding. Crop Sci. 46:1630-1634.

Tim Karya Tani Mandiri. 2010. Pedoman bertanam jagung. Bandung. CV. NUANSA AULIA

Refbacks

  • There are currently no refbacks.