Penataan Taman Dan Fasilitas Sekolah Tk Islam Al-Ma’Un Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Bermain Dan Belajar Anak, Di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang

Debora Budiyono, Hendra Kurniawan, Astri Sumiati

Abstract

Keberadaan taman dan fasilitas sekolah seperti taman bermain, perpustakaan, dan ruang serupa sangat dibutuhkan karena dapat dimanfaatkan sebagai ajang bermain dan belajar, oleh karena itu perlu penataan yang dapat berfungsi sebagai eco-edukasi untuk meningkatkan minat bermain dan belajar siswa. Program penataan taman dan fasilitas sekolah Taman Kanak-kanan (TK) sebagai sarana proses pengenalan dan belajar siswa mengenai lingkungan juga belum menjadi perhatian untuk ditangani dengan baik. Salah satu TK yang memiliki permasalah penataan taman dan fasilitas sekolah yaitu TK Islam Al-Ma’un. Permasalahan utama pihak mitra yaitu tidak memiliki sumberdaya manusia yang kompeten dibidang penataan taman dan fasilitas sekolah yang fungsional dan estetika. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat di Sekolah Tk Islam Al-Ma’Un sebagai upaya meningkatkan minat bermain dan belajar anak, di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Metode pendekatan yaitu participation learning action (PLA) dan Focussed Group Discussion (FGD) yang digunakan dalam pelatihan dan pendampingan meningkatkan kapasitas mitra dalam pengelolaan taman dan fasilitas sekolah TK Islam Al-Ma’Un. Berdasarkan hasil pengabdian yang dilakukan menghasilkan karya taman dan fasilitas sekolah yang memadai dan estetika serta minat belajar dan bermain anak-anak sekolah Tk Islam Al-Ma’Un mengalami peningkatan.

Keywords

desain; taman dan fasilitas sekolah, TK Islam Al-Ma’Un

Full Text:

PDF

References

Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Prasekolah.

Solehuddin. 1997. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. FIP IKIP Bandung. Bandung.

Budiyono, D., Alfian, R., Setyabudi, I., Kurniawan, H. 2020. Penataan Taman Mini Market sebagai Fasilitas Desa Wista di Desa Mulyorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Jurnal Buana Sains, 5(1):7-11.

Budiyono, D., Alfian, R., Setyabudi, I., Kurniawan, H., Hastutiningtyas W.R., dan Ngaga, H. 2021. Desain Taman Olahraga pada Kawasan Stadion Kejapanan di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Jurnal Buana Sains, 6(1):29-38.

Lauren, G.M. 2012. Desain Taman Lingkungan untuk Anak Usia Sekolah Dasar di Cluster Callysta Permata, Perumahan Permata Bintaro, Tangerang Selatan. (online) http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/61159. diakses 23 Desember 2021.

Setyabudi,I., Alfian, R., Budiyono, D., Soelistyari, H.T., Hastutiningtyas, W.R., dan Soget., L.A. Penataan Ruang Terbuka pada Taman Edukasi SMK NU Sunan Ampel, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Jurnal Buana Sains, 5(2):108-115.

Arifin, H.S dan Nurhayati. 2005. Pemeliharaan Taman. Penebar Swadaya. Jakarta.

Hakim, R. 2014. Komponen Perancangan Arsitektur Lanskap. Jakarta. Bumi Aksara.

Laurie, M. 1986. Pengantar Arsitektur Pertamanan. Bandung. Intermata.

Istacahyani, I.A.M., Semarajaya, C.G.A., dan Pradnyawathi, N.L.M. 2018. Evaluasi Pemeliharaan Taman pada Kawasan Bali Tropic Resort and Spa Kabupaten Badung. Jurnal Arsitektur Lansekap, 4(2):168-176.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.