Bina Usaha Kesehatan Sekolah “Layanan Monitoring Visual Chilhood Developmnet Berbasis Online”

Ika Arum Dewi Satiti, Ari Damayanti Wahyunirum

Abstract

Pembelajaran blended learning merupakan metode pembelajaran yang diadaptasi pada era new normal. Pembelajaran menganut sistem daring dan luring. Meotde daring mengharuskan anak belajar melalui media elektronik secara kontinu. Kegiatan ini memiliki dampak pada kesehatan fisik anak terutama adalah kesehatan penglihatan. Kelainan penglihatan pada anak dapat menyebabkan beberapa masalah dianataranya adalah penurunan prestasi belajar, penurunan kemampuan sosialisasi dan koordinasi gerak motoric yang menurun sehingga tumbuh kembang anak tidak dapat meningkat secara optimal. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan sarana kesehatan awal yang dapat diakses oleh para siswa di sekolah. Upaya kesehatan pencegahan gangguan mata perlu digalakkan oleh UKS demi mendukung proses pembelajaran.  Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menggunakan aplikasi MOVIE (Monitoring Visual Chilhood Development) sebagai skrining gangguan mata dengan mengoptimalkan peran UKS. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan capaian peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa dengan mayoritas baik sebesar 41% dan 50%. Kegiatan skrining ketajaman mata mendapatkan data mayoritas berada ketajaman 70%-89% sebanyak 44%. Kemudian pelatihan dan pendampingan aplikasi MOVIE juga meninggatkan keterampilan penggunaan aplikasi MOVIE pada guru 100% dalam katergori baik. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa serta guru terhadap penggunaan aplikasi MOVIE. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dinilai sangat bermanfaat dan penting, karena diharapkan dapat menunjang kemajuan teknologi pembelajaran daring dan meningkatkan prestasi belajar siswa. 

Keywords

Aplikasi MOVIE; Gangguan Penglihatan; UKS

Full Text:

PDF

References

Idris, H. 2018. Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra. IAIN Manado, 5(1):61-73.

Putra, A dan Patmaningrum, D. 2018. Pengaruh Youtube di Smartphone terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2):159-172.

Richter, R., Rares, L.M., dan Najoan, I.H.M.. 2018. Gambaran Ketajaman Penglihatan terhadap Lama Penggunaan dan Jarak Pandang Gadget pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 9 Binsus Manado. e-CliniC, 6(2):70-76.

Adibah, A.M.H., Satiti, I.A.D., dan Jayanti, N.D. 2022. Hubungan Pola Komunikasi Orang Tua Dengan Keberhasilan Pembelajaran Daring Pada Anak Selama Pandemi Covid-19. Media Husada Journal of Nursing Science, 3(1):1-7.

Rizki, S.H., Karim, D., dan Erwin. Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan, P. 2021. Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Keluhan Subjektif Gangguan Kesehatan Mata Pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Keperawatan, 8(2):46-52.

Zulka, A.N. 2021. Evaluasi Pelaksanaan Learning From Home (LFH): Blended Learning dengan Emotional Resilience dan Kemampuan Manajemen Belajar Mahasiswa Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jember. The Indonesian Journal of Health Science, 13(1):44-52.

Safitri, R.D dan Widodo, S. 2018. Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Sekolah Dasar SDN Cipayung 05 Jakarta Timur. Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS), 2(2):210-217.

Sabri, R dan Nurdin, Y. 2012. Hubungan Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa SDN 13 Seberang Padang Utara’, NERS Jurnal Keperawatan, 8(2):196-201.

Wandini, R., Vovikasari, L., dan Kurnia, M. 2020. Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan Mata Anak di Sekolah Dasar Al Azhar I Bandar Lampung. Malahayati Nursing Journal. Universitas Malahayati Lampung, 2(4):810-819.

Satiti. 2022. Pelatihan Aplikasi Monitoring Visual Chilhoold Development (Movie) Berbasis Family Center Care | Satiti | Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) (no date). Diakses pada 13 Januari 2023. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/4396.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.