Pemberdayaan UMKM Melalui Pelatihan Packaging dan Penjualan Online di Dusun Bulak Kunci

Endang Siswati Siswati, Nurul Imamah, Wita Dwi Amanah, Akbar Riyan Ariyanto, Aisyah Nur Salsabillah

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang biasa disingkat UMKM saat ini menjadi salah satu sektor penyumbang lapangan kerja dan penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) paling tinggi di Indonesia. Banyaknya pelaku UMKM menjadikan persaingan di pasar semakin ketat. Hanya UMKM dengan produk menarik dan sesuai dengan kebutuhan pasar yang mampu bertahan. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk menjaga eksistensi suatu produk UMKM adalah dengan melakukan pencitraan produk atau branding. Kemasan menjadi salah satu atribut branding yang saat ini fungsinya tidak hanya sebagai pengaman melainkan alat promosi. Dusun Bulak Kunci merupakan dusun terpencil di lereng Gunung Welirang dimana mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan peternak. Dusun Bulak Kunci memiliki UMKM Kerupuk. Namun akses menuju dusun yang sulit dan kurangnya pemahaman mengenai strategi pemasaran produk menjadikan produk kerupuk UMKM di dusun Bulak Kunci didistribusikan secara terbatas. Selain itu kurangnya pengetahuan mengenai kemasan dan label membuat nilai jual produk menjadi rendah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM di Dusun Bulak Kunci melalui pelatihan packaging dan penjualan online. Metode yang digunakan yaitu survei lapangan, sosialisasi, pelatihan, dan evaluasi. Hasil kegiatan UMKM Kerupuk dusun Bulak Kunci meningkatkan nilai jual dengan dengan cara mengemas produk dengan baik dan memberikan label, serta melakukan penjualan secara online di social media, dan diharapkan dapat menaikkan omzet penjualan. 

Keywords

Bulak Kunci; pelatihan packaging; Pemberdayaan UMKM; penjualan online

Full Text:

PDF

References

Dihni, V.A. 2022. Ada 4,21 Juta Industri Mikro Kecil di Indonesia, di Wilayah Mana Terbanyak?. [Diakses Melalui https://databoks.katadata.co.id/. pada Tanggal 6 Desember 2022].

Surachman. 2008. Dasar-dasar Manajemen Merek. Bayumedia. Malang.

Suresh, S., Mohanam, P., dan Naresh, G. 2011. Brand Success Redefined: An analysis of The Interrelationships Among Various Brand Dimensions. Journal of Psychological Research, 2(1):32–39.

Erlyana, Y dan Ressiani, R. 2020. Perancangan Buku Desain Kemasan ”Basic Of Packaging”. Jurnal AndhaRupa, 6(2):160-172.

Tambunan, S.R. 2016. Proses Pengambilan Keputusan Melalui Kemasan Produk Snack. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 5(1):93-115.

Sahabat Udukuduk. 2022. Bulak kunci Dusun Terpencil di Lereng Gunung Welirang Dengan Panorama Persawahan yang Sangat Indah. [Diakses melalui https://youtu.be/BBXZ0JCerUY pada Tanggal 3 Desember 2022].

Koswara, S. 2009. Pengolahan Aneka Kerupuk. eBook Pangan.

Chukwu, B.A. 2018. The Impact Of Product Packaging On Consumers’ Purchasing Behavior In Benin Metropolis, Edo State, Nigeria. International Journal of Economics, Commerce and Management, United Kingdom, 4(4):708-725.

Mukhtar, S dan Nurif, M. 2015. Peranan Packaging dalam Meningkatkan Hasil Produksi terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2):181-191.

Widiati, A. 2019. Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2):67-76.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.