Edukasi Pemeliharaan Kambing BoerPE Berkonsep Green Economy melalui Implementasi Smart Kandang di Kelompok Tani Dian Santosa Sleman Yogyakarta

Inggit Kentjonowaty, Ach. Bagus Adhiluhung Mardhotillah, Oktavia Rahayu Puspitarini, Nurul Humaidah

Abstract

Pasca pandemi Covid-19 saat ini, memaksa masyarakat berfikir kreatif dan inovatif dalam berbagai hal terutama pada segi usaha dan profesi. Salah satunya bidang peternakan kambing crossbreed BoerPE, yaitu hasil inseminasi buatan antara kambing jantan BoerPE dengan indukan PE. Peningkatan produktivitas kambing BoerPEPE tentunya perlu didukung dengan adanya teknologi tepat guna sederhana bagi peternak dalam proses pemeliharaannya. Edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak yang tergabung dalam Kelompok Tani Dian Santosa, DIY dalam aspek pemeliharaan ternak kambing BoePE yang lebih praktis, higenis dan produktif melalui pemanfaatan teknologi smart kandang kambing yang secara sederhana agar peternak mudah menerapkannya agar terciptanya lingkungan kandang yang higenis dan berdampak pada peningkatan produktivitas kambing BoerPEPE. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Penyuluhan, merekonstruksi kandang konvensional menjadi smart kandang dan Pelatihan berjenjang mendaur ulang limbah padat dan cair menjadi bioaktivator dan kohe. Hasil kegiatan ini adalah peternak menyambut baik adanya teknologi sederhana berupa smart kandang kambing. Hal ini dibuktikan dengan tingkat pemahaman peternak tentang konsep pemeliharaan dengan smart kandang, terciptanya ekosistem pemeliharaan yang lebih higenis dan bau limbah yang minim karena smart kandang dilengkapi dengan alat pemisah limbah sehingga limbah terkoleksi secara teratur dan cepat tanpa terkontaminasi oleh tanah. Peternak memiliki keterampilan dalam pembuatan bioaktivator dari limbah cair (urine) untuk digunakan sebagai penambah unsur hara tanah dan kesuburan tanaman serta terampil dalam pembuatan kohe (kotoran hewan) dan bioaktivator.

Keywords

Kata kunci: kambing BoerPEPE; smart kandang; higienis; produktivitas

Full Text:

PDF

References

Supartini, N dan Darmawan, H. 2018. Strategi Pemberdayaan peternak dalam usaha konservasi Sapi Jawi Pandaan di Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Buana Sains, 22 (2): 27-34.

Tanjungsari, A. 2020. Strategi Pemberdayaan Peternak Sapi Bali Akibat Pandemi Covid-19 di Desa Tiga, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 7(2):8-14.

Ardiansyah, B.K dan Ainun Ma’rifah, A. 2020. Pemberdayaan Peternak Sapi Perah di Desa Galengdowo Kecamatan Wonosalam Oleh Dinas Peternakan Kabupaten Jombang. Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan 5(2):103.125.

Shanti Emawati, S., Sudiyono, Purnomo, S.H., Suwarto, Sari, A.I., dan Rahayu, E.T. 2020. Pemberdayaan Peternak dalam Usaha Penggemukan Sapi Potong di Desa Kenteng, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali. Journal of Agri-food, Nutrition and Public Health, 1(2):96-102.

David, M., Sulistiyani, S.R., Herlinawati., dan Fitriawan, H. 2022. Rancang Bangun Prototipe Kandang Kambing Sistem Terkoleksi dan Pemberian Pakan Otomatis Berbasis Arduino Uno R3. JITEK, 10(2):102-107.

Christi, R, F., Salman, L.B., Hermawan, dan Sudrajat, A. 2021. Evaluasi Perkandangan Kambing Perah Laktasi di Peternakan Alam Farm Manglayang Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Jurnal Agrivet, 9(2):2021.

Loves dan Firmanto, E. 2017. Prototipe Pemilihan Benda Berdasarkan Bentuk dan Warna Menggunakan Conveyor. Skripsi. Jurusan Teknik Elektro. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Saragih, E.W. 2020. Sistem Pertanian Terpadu Dengan Sistem Kandang Paddock Untuk Meningkatkan Pendapatan. Dinamisia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1):133-139.

Warren, J.D., Adams, J., dan Molle, H. 2014. Audio Robotics. Springer Science. U.S.A.

Sinauarduino. 2016. Mengenal Arduino Software (IDE). Redaksi Sianu Arduino. Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.