Peningkatan Kesiapsiagaan Masyarakat Mane Kareung, Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe dalam Menghadapi Bencana Banjir

Wheny Utariningsih, Hafiza Qaristy, Dila Khairunnisa, Vera Novalia, T. Saifullah

Abstract

Permasalahan banjir di Desa Mane Kareung terjadi setiap tahun di musim penghujan. Meskipun sering terjadi banjir dan sering mengakibatkan masyarakat harus mengungsi, permasalahan yang terjadi dalam bencana adalah masih rendahnya pencegahan yang dilakukan. Permasalahan tersebut didukung oleh anggapan masyarakat bahwa yang menjadi penanggungjawab penuh atas kejadian bencana adalah pemerintah. Setelah berdiskusi dengan pihak Desa Mane Kareung yang diwakili oleh Keuchik disimpulkan bahwa Desa Mane Kareung yang merupakan desa dengan risiko bencana tinggi yang belum mendapatkan penyuluhan tentang bencana banjir. Oleh karena itu perlu dilaksanakan upaya dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir. Secara umum tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat serta rencana tanggap darurat masyarakat Desa Mane Kareung ketika terjadi bencana banjir agar dapat meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat. Pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini dengan ceramah menggunakan metode pendekatan berbasis masyarakat, komprehensif dan partisipatif. Luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya pengetahuan masyarakat Desa Mane Kareung tentang bencana banjir dan meningkatnya kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir. 

Keywords

banjir; bencana; kesiapsiagaan

Full Text:

PDF

References

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 2022. Geoportal Data Bencana Indonesia. Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Jakarta. https://gis.bnpb.go.id.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 2022. Info Bencana. Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Jakarta.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 2017. Kajian Risiko Bencana Kota Lhokseumawe. Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Jakarta.

Badan Pusat Statistik. 2020. Kecamatan Muara Duat dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kota Lhokseuamawe. Lhokseumawe.

Wheny, U., Sofia, R., Talib, I.F.A., dan Saifullah, T. 2021. The preparedness of school community in facing tsunami disaster in Lhokseumawe City. E3S Web of Conferences 331, 04002.

Yudistira, S.D., Atmaja, D.M., dan Putra, I.W. 2017. Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Banjir di Desa Penyambang Kecamatan Geokgak Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Undiksha, 5(1): 106-116.

Ula, N.M, Sriartha, Citra, I.P., dan Ananda, I.P. 2019. Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Banjir di Desa Pancasari Kecamatan Sukasadan, Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Undiksha, 7(3):104-112.

Yatnikasari, S., Asnan, M.N., dan Agustina, F. 2021. Kesiapsiagaan Rumah Tangga Terhadap Bencana Banjir Di Kelurahan Gunung Lingai Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. Rang Teknik Journal, 4(1):96-103.

LIPI-UNESCO/ISDR. 2006. Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Erlia, D., Kumalawati, R., dan Aristin, N.F. 2017. Analisis Kesiapsiagaan Masyarakat Dan Pemerintah Menghadapi Bencana Banjir di Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar. Jurnal Pendidikan Geografi, 4(3):15-24.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 2017. Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana. Pusat Data Informasi dan Humas BNPB. Jakarta.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta

Buston, E., Pardosi, S., dan Efendi, F. 2021. Pengaruh Pelatihan Terhadap Pengetahuan Kesiapsiagaan Manajemen Bencana Pada Keluarga Di Daerah Pesisir Pantai Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Umum dan Kesehatan Aisyiah, 6(2):93-98.

Suardana, I.K dan Mertha I.M. 2019. Pengaruh Pelatihan Siaga Bencana Menggunakan Modul Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Menghadapi Bencana Alam Di SMA Negeri 1 Bangli. ommunity of Publishing In Nursing (COPING), 9(6):726-734.

Ferianto, K dan Hidayati, U.N. 2019. Efektifitas Pelatihan Penanggulangan Bencana Dengan Metode Simulasi Terhadap Perilaku Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Siswa SMAN 2 Tuban. Jurnal Kesehatan Masencephalon, 5(2):88-94.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.