Edukasi Kemasan Dan Perancangan Logo Serta Kemasan Kopi Produk Rtm Di Desa Kucur Dengan Metode Tempel Untuk Meningkatkan Brand Diversification Product

Bintang Pramudya Putra Prasetya, Aditya Nirwana, Amar Ma’ruf Stya Bakti

Abstract

RTM atau Republik Tani Mandiri merupakan salah satu organisasi kepemudaan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani kopi di Desa Kucur. Desa Kucur terletak di Kabupaten Malang Kecamatan Dau dimana mayoritas masyarakat disana berprofesi sebagai petani, luas Desa Kucur tercatat seluas 58.566 hektar dengan jumlah penduduk 5690 jiwa (1575 KK) pada tahun 2017. pengetahuan untuk mengolah dan memasarkan produknya menjadi tantangan utama bagi petani kopi di Desa Kucur. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengimpor pengetahuan Branding, penyuluhan standar desain kemasan nasional dan pendampingan desain kemasan untuk RTM agar lebih mudah memasarkan produk kopi bagi petani di Desa Kucur. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah gabungan antara metode penelitian kualitatif dan metode desain model Design Thinking. Metode penelitian kualitatif dibagi menjadi beberapa tahapan penggalian sumber data diantaranya observasi lapangan secara langsung di Desa Kucur dan wawancara dengan pelaku usaha produk kopi di Desa Kucur yang tergabung dalam komunitas Mandiri Tani Republik (RTM). Dampak dari kegiatan yang telah dilakukan bagi mitra antara lain: 1) Mitra mampu mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan produknya dari berbagai diskusi yang telah dilakukan, 2) Mitra memiliki pengetahuan standar pengemasan produk kopi yang lebih baik dan dapat menjaga kualitas kopi, 3) Mitra mendapatkan informasi standar informasi yang harus ada dan tertera pada label kemasan agar produknya dapat dipasarkan lebih luas, terutama jika ingin memasukkan produk ke distributor, dan 4) Perubahan besar pada kemasan membuat kepercayaan diri untuk dapat bersaing dengan produk sejenis menjadi jauh lebih meningkat.

Keywords

Desa Kucur; desain kemasan; design thingking; kopi RTM; standar kemasan

Full Text:

PDF

References

Piliang, A.Y. 2010. Semiotika dan Hipersemiotika. Edisi 4. Matahari. Bandung.

Solikatun, Kartono, D.T dan Demartoto, A. 2015. Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi di Kedai Kopi Kota Semarang. Jurnal Analisa Sosiologi, 4(1):60-74.

Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. 2020. Indonesia Dorong Komitmen Bersama untuk Sektor Ekonomi Kopi Global yang Berkelanjutan, Inklusif, dan Berketahanan. Direktorat Perdagangan Republik Indonesia. Jakarta. 2 Halaman.

Rosmadi, M.L.N dan Romdonny, J. 2018. Pengaruh Merek, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bola Sepak. IKRAITH HUMANIORA, 2(2):82-89.

Maulani, A.N., Fetrianggi, R., dan Prana, I.S. 2021. Analisis Pengaruh Desain Kemasan dan Brand Image Kopi Good Day Pada Minat Beli Konsumen. Jurnal of Visual Communication Design, 1(1):1-9.

Palupi, I.R., Naomi., N.D., dan Susilo, J. 2017. Penggunaan Label Gizi dan Konsumsi Makanan Kemasan pada Anggota Persatuan Diabetisi Indonesia. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1):1-8.

Kusumasari., A.D dan Supriono. 2017. Pengaruh Desain Kemasan Produk dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Wardah Exclusive Matte Lip Cream. Jurnal Administrasi Bisnis, 49(2):103-111.

Sembiring, A.C., Sitanggang, D., Purnasari, N., dan Budiman, I. Peningkatan Kesejahteraan Petani Kopi Melalui Pengolahan Pasca Panen di Desa Lingga Kabupaten Karo. Jurnal Wahana Inovasi, 8(2):21-27.

Abdussamad, Z. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi 1. CV. syakir Media Press. Makasar.

Pasaribu, Y.M. 2019. Dasar Pengadaan Dan Pengelolaan Jasa Desain di Indonesia. Badan Ekonomi Kreatif, Deputi Riset, Edukasi dan Pengadaan. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.