Pengolahan Data Demografi Penduduk Menggunakan Microsoft Excel di Kelurahan Sempaja Timur, Kota Samarinda

Novianti Puspitasari, Frans Karta Sayoga Sitohang

Abstract

Pengelolaan data demografi penduduk disuatu wilayah merupakan hal yang sangat penting untuk memberikan informasi terkait keadaan maupun kondisi dari penduduk tersebut. Namun, dibeberapa wilayah data demografi penduduk masih belum tersedia karena kurangnya pengetahuan petugas dan masyarakat terkait pentingnya data demografi penduduk. Salah satu wilayah yang belum memiliki data demografi penduduk adalah wilayah RT. 32 Kecamatan Samarinda Utara, Kelurahan Sempaja Timur, Kota Samarinda. Data demografi yang belum tersedia di wilayah ini membuat kepala desa atau ketua Rukun Tetangga (RT) sangat kesulitan dalam mengetahui kondisi warga didaerah tersebut. Selain itu, akurasi terkait data kependudukan di RT.32 masih kurang padahal data terkini sangat dibutuhkan sebagai salah satu cara memperlancar segala urusan demi kemajuan di suatu tempat tinggal maupun individu. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendata penduduk dan menyajikan data demografi penduduk menggunakan Microsoft Excel. Data kependudukan diperoleh dengan cara melakukan sensus penduduk kepada masyarakat di RT. 32. secara door to door. Sensus penduduk di tingkat RT ini dilakukan secara door to door dengan harapan data tersebut adalah data sebenarnya (real) yang sesuai kondisi penduduk tersebut. Pada saat sensus penduduk, masyarakat diberikan penyuluhan tentang pentingnya melakukan pembaharuan data kependudukan. Hasil yang dicapai pada pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah perangkat desa memiliki data kependudukan yang lebih akurat serta menunjang pemahaman. Lebih lanjut, kegiatan ini dapat menambah pengetahuan aparat desa dalam mengelola statistik demografi penduduk sehingga meningkatkan kualitas pengelolaan dan penataan data kependudukan yang dapat digunakan untuk pembangunan dan mempermudah pelayanan terhadap masyarakat desa.

Keywords

demografi; desa; penduduk; sensus

Full Text:

PDF

References

Nurwati, R.N. 2021. Pelatihan Registrasi Penduduk Oleh Aparat Desa/Kelurahan Dalam Upaya Tertib Administrasi Kependudukan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 2(2):122-127.

Frasandy, R.N dan Anggaraini, S. 2021. Hubungan Penggunaan Media Nyata dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik, Jurnal Ilmu Pendidik Dasar Islam, 3(2):43-54.

Hanafiah, Sutedja, A., and Ahmaddien, I. Pengantar Statistika. 2020. Widina Medina Utama. Bandung.

Vidyasari, F.N dan Suryono, B. 2021. Pengaruh Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Ilmu dan Ris. Akuntansi, 10(4):1-24.

Putranti, B.E dan Ambawani, S. 2021. Sensus Penduduk Online 2020 Pada Masa Pandemi Covid19 Di Lingkungan Rt 83 Rw 20 Baciro Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik. 2021. Potret Sensus Penduduk 2020 Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia. Jakarta BPS RI (https//www. bps. go. id) diakses Tahun 2021.

Pangesti, F.T.P. 2018. Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi pada Pembelajaran Matematika dengan Soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9):566-575.

Mujiyadi, B., Syawie, M., Sitepu, A., Suyanto, dan Amalia, A.D. 2017. Penelitian Tentang Profil Dan Pemetaan Potensi Masyarakat Dalam Rangka Pengembangan Desa Sejahtera Mandiri. Pusat Penelitian Kementerian Sosial Republik Indonesia, 2017.

Adianto, J dan Fedryansyah, M. 2018. Peningkatan Kualitas Tenaga Kerja Dalam Menghadapi Asean Economy Community. Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2):77-86.

Adriyanto, A., Prasetyo, D., dan Khodijah, R. 2020. Angkatan Kerja dan Faktor yang Mempengaruhi Pengangguran. Jurnal Ilmu Ekonomi Sosial, 11(2):66-82.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.