Pencegahan Kredit Macet Melalui Proses Negosiasi Dengan Debitur Pt Bank Maybank Indonesia Tbk Cabang Denpasar

Mira Adelia Putra, Putri Ekaresty Haes

Abstract

Perbankan memiliki peran penting dalam pergerakan roda perekonomian nasional melalui dukungan pembiayaan dan merupakan media penghubung antara pemiliki dana dan pengguna dana. Bank memiliki tugas untuk menghimpun dana dari masyarakat baik itu dalam bentuk simpanan maupun penyaluran kepada masyarakat berupa kredit. Akibat adanya pandemi Covid-19 banyak usaha terutama UMKM yang terdampak sehingga mengakibatkan terjadinya indikasi gagal bayar kredit oleh debitur PT. Bank Maybank Indonesia Tbk Kantor Cabang Denpasar. Pengabdian yang dilakukan penulis bertujuan untuk mencari solusi terhadap permasalahan indikasi gagal bayar yang dialami. Dengan proses negosiasi bersama debitur untuk mencari solusi pencegahan kredit macet diharapkan bisa mengatasi permasalahan yang terjadi. Pengabdian ini memberikan hasil berupa solusi terhadap indikasi gagal bayar debitur berupa restrukturisasi kredit yang akurat.  

Keywords

Covid-19; kredit macet; negosiasi; perbankan

Full Text:

PDF

References

Adiyadnya, M.S.P dan Suardika, I.W. 2022. Strategi Penanggulangan Kredit Macet di Era Pandemi Covid–19 pada PT. Bpr Desa Sanur. Prosiding Seminar Regional Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 1(1):129-138.

Pasaribu, V.L.D., Agrasadya, Shabrina, N., dan Krisnaldy. 2020. Penyuluhan Hukum Penggunaan Debtcollector dalam Penyelesaian Kredit Macet pada Kelurahan Medang Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1):177-180.

Sujana, I.N dan Wesna, P.A.S. 2020. Peningkatan Kesadaran Hukum Masyarakat Desa Adat Kukuh Karangasem Terhadap Dampak Covid-19 dalam Penyelesaian Kredit Bermasalah pada Praktek Lembaga Perkreditan Desa. Journal of Community Service, 3(1):42-49.

Gifary, A.O.A dan Baftim, F. 2021. Restrukturisasi Kredit Bank Bermasalah dan Aspek Hukumnya. Jurnal Lex Privatum, 9(1):22-29.

Munandar, A., Alwi, Nurhayati, N., dan Herman. 2021. Analisis Besarnya Kredit Bermasalah Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Perusahaan Financial Technology (Fintech). Jurnal DJM, 4(2):184-192.

Misral, M dan Rahmayanti, S. 2022. Dampak Covid 19 Terhadap Kredit Bermasalah Pada Program Relaksasi Kredit Pt. Bri Kc Tuanku Tambusai. Jurnal Akuntansi dan Ekonomi, 12(1):114-123.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.