Pengembangan Usaha Pudot Bergizi Sebagai Upaya Penguatan Ekonomi Mandiri Ibu PKK

Ronasari Mahaji Putri, Eka Fitasari, Sri Andika Putri, Hilda Mazarina Devi

Abstract

PKK RT 06 RW 09 merupakan salah satu perkumpulan ibu yang berada di daerah Landungsari Malang, beranggotakan 40 ibu. Sebanyak 2 dari 40 ibu telah memiliki usaha sampingan dirumah yakni berupa toko perancangan, dan catering. Sedangkan ibu yang lainnya ada yang bekerja di luar rumah, dan ada yang sebagai ibu rumah tangga. Sebagian besar ibu di daerah tersebut mempunyai putra putri yang masih kecil dan sangat mendukung kegiatan yang dapat menambah keahlian dan ketrampilan ibu sebagai upaya untuk meningkatkan gizi keluarganya, termasuk juga dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Banyaknya waktu ibu saat di rumah memungkinkan para ibu untuk lebih berkreasi, baik yang mendatangkan materi ataupun tidak, namun memberikan manfaat bagi keluarganya. Pengabdi mengambil kesempatan untuk dapat memberikan manfaat bagi Ibu PKK RT 06 RW 09 Landungsari. Solusi yang ditawarkan oleh pengabdi adalah membuat usaha puding sedot bergizi, yang relatif diminati oleh pangsa pasar, dengan biaya yang murah, bahan baku yang mudah untuk diakses, serta manfaat yang didapatkan dengan berproduksi pudot yakni memberikan gizi yang baik untuk keluarga dan calon konsumen. Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan usaha pudot (puding sedot) telah berjalan di bulan Maret 2022 dan diharapkan menjadi salah satu ketrampilan yang dikuasai ibu ibu PKK  sebagai bekal dalam membangun ekonomi mandiri ibu RT.

Keywords

gizi; pudding sedot; pembuatan; pemasaran; usaha

Full Text:

PDF

References

Lasut, J.J. 2010. Analisis motivasi ibuibu untuk mengikuti pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK) di Kelurahan Taas Kecamatan Tikala Kota Manado. Jurnal Logos Spectrum, 5 (2)) UNSRAT Repository [Internet].

Susanti, E dan Susilowati, E. 2016. Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK Melalui Pelatihan dan Pendampingan Produksi sabun dan Deterjen. Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknol dan Seni bagi Masyarakat, 4(2):87-96.

Mokalu, B.J. 2016. Perempuan Berwirausaha Mengentas Ekonomi Keluarga. Jurnal LPPM Bid EkoSosBudKum, 3(2):72-88.

Alhuur, K.R.G., Yuniarti, E., dan Ramadhan, R.F. 2020. Upaya Peningkatan Kualitas Konsumsi Susu Masyarakat Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor. Jurnal Media Kontak Tani Ternak, 2(1):7-11.

Chairunnisa, H., Nurlina, L., Arief, H., Wulandari, E., dan Putranto, W.S. 2019. Upaya Peningkatan Kesadaran Masyarakat Dalam Konsumsi Susu Dan Olahannya Di Desa Cileles Kecamatan Jatinangor Community Awareness Efforts In Consumption Milk And Processing In Village Cileles District Jatinangor. Jurnal Media Kontak Tani Ternak, 1(1):26–30.

Notoatmodjo. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Notoatmodjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta. Jakarta.

Christi, R.F., Edianingsih, P., dan Alhuur, K.R.G. 2019. Pentingnya Minum Susu Untuk Anak Usia Dini, Remaja Dan Lanjut Usia Di Pesisir Pangandaran. Jurnal Media Kontak Tani Ternak, 1(2):12.

Dessler, G. 2007. Manajemen Personalia (Ketiga). Erlangga. Jakarta.

Setiawan, I., Ekhsan, M., dan Parashakti, R.D. 2021. Pengaruh pelatihan terhadap Kinerja Karyawan yang di Mediasi Kepuasan Kerja. Jurnal Perspektif Manajerial dan Kewirausahaan, (2):186-95.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.