Optimalisasi Peran Dan Fungsi BUMDes Astaguna Dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Desa Trihanggo

Juhari Sasmito Aji, Dian Retnaningdiah, Kemala Hayati

Abstract

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki potensi unggul di berbagai desa yang ditandai dengan terbentuknya lembaga ekonomi BUMDes yang harus  dikembangkan. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah BUMDes Astaguna yang berada di Desa Trihanggo. Bidang dan tata kelola yang ada dikelompok ini belum mampu mewujudkan tujuan yang diharapkan termasuk sektor perekonomian. Hal tersebut dilatarbelakangi dengan permasalahan yang dihadapi mitra yakni minimnyanya kualitas sumberdaya manusia yang tidak memiliki pengetahuan (intangible) yang cakap terkait pengelolaan BUMDes, rendahnya bidang manajemen unit usaha ditunjukkan dengan tidak adanya keselarasan identifikasi potensi, dan tidak adanya penerapan teknologi informasi komunikasi pada bidang pemasaran. Tujuan kegiatan diupayakan untuk mencapai perbaikan di bidang sumberdaya manusia, manajemen unit usaha, dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi. Solusi yang ingin dicapai yakni menerapkan tata kelola yang baik sesuai dengan prinsip good governance dengan kesiapan kualitas sumberdaya manusia yang optimal dan cakap terkait pengetauan pengelolaan sehingga menjadi jelas terkait tugas pokok fungsi dan koordinasi kerja internal badan. Manajemen unit usaha dengan mewujudkan unit usaha baru sesuai analisis potensi dan asset desa disertai pelibatan masyarakat. Penerapan teknologi informasi komunikasi untuk mendukung produktifitas program dan kegiatan yang meliputi bidang administrasi dan bidang pemasaran guna menunjang sumberdaya manusia agar mencapai melek teknologi. 

Keywords

BUMDes; ekonomi; good governance; masyarakat desa; pemberdayaan

Full Text:

PDF

References

Luthfia, A.R. 2013. Menilik Urgensi Desa Di Era Otonomi Daerah. Jurnal Rural dan Development, 4(2):135-143.

Maharani, R. 2018. Kajian Lanskap Budaya Masyarakat Osing di Kabupaten Banyuwangi. Skripsi Departemen Arsitektur Lanskap. IPB. Bogor.

Hakeu, F dan Sunarti, S. 2020. Impelementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Kab. Gorontalo Utara terhadap Wisata Budaya Ritual Mandi Safar. Jurnal Ilmu Pariwisata, 2(2):97-113.

Firmansyah, A.A. 2020. Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Keuangan Desa Bagi Aparat Desa Sidosari Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 1(2):59-66.

Abustun, A. 2019. Implementasi Percepatan Pembangunan Desa Dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Jurnal Gagasan Hukum, 1(2):216-227.

Maschab, M. 2013. Politik Pemerintahan Desa di Indonesia. Parlindungan Penerbit PolGov.

Suratha, I.K. 2015. Krisis Petani Berdampak pada Ketahanan Pangan di Indonesia. Media Komunikasi Geografi, 16(1):67-80.

Ayun, Q.K. 2020. Perkembangan Konversi Lahan Pertanian di Bagian Negara Agraris. Jurnal Ilmu Pertanian Tropika dan Subtropika, 5(2):38-44.

Aziz, N.L.L. 2016. Otonomi Desa dan Efektivitas Dana Desa. Jurnal Penelitian Politik, 13(2):193-211.

Eko, S., Khasanah, T.I., Widuri, D., Handayani, S., Handayani, N., Qomariyah, P., Aksa, S., Hastowiyono, Suharyanto, Kurniawan, B. 2014. Desa Membangun Indonesia. Forum Pengembangan Pembaharuan Desa.

Senjani, Y.P. 2019. Peran Sistem Manajemen pada Bumdes dalam Peningkatan Pendapatan Asli Desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1):23-40.

Pradana, H.A dan Fitriyanti, S. 2019. Pemberdayaan Dan Percepatan Perkembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Dan Peningkatan Pendapatan Asli Desa. Jurnal Kebijakan Pembangunan. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 14(2):133-146.

Alkaff, A. 2016. Revitalitasi BUMDes dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian dan Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan Masyarakat Desa di Kabupaten Jember. Jurnal Paradigma Madani, 3(2):33-44.

Arindhawati, A.T dan Utami, E.R. 2020. Dampak Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes ) di Desa Ponggok , Tlogo , Ceper dan. 4(1):43-55.

Yuniati, S., Susilo, D., dan Albayumi, F. 2017. Penguatan Kelembagaan Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Petani Tebu. Jember 27-28 Oktober 2017. Unej-E Proceeding. ISBN 978-602-5617-01-0. Halaman 498-505.

Halimah, F. 2017. Studi Deskriptif Penerapan Program Nawacita Presiden Joko Widodo tentang Membangun Indonesia dari Pinggiran terhadap Kesejahteraan Warga di Desa Kanoman Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Repisitory Universitas PGRI Yogyakarta. Halaman 1-15.

Raharso, S. 2011. Kepercayaan Dalam Tim. Kepercayaan Dalam Tim. Jurnal manajerial, 417(2), 42–53.

Sutrisno, E. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.