Pemberdayaan Ibu PKK Melalui Pemanfaatan Material Daur Ulang Botol Bekas Untuk Pembuatan Tanaman Hias Dengan Media Vertikal Garden Pada Masa New Normal Covid-19

Debora Budiyono, Hendra Kurniawan, Astri Sumiati, Rona Sari Mahaji Putri, Sri Andika Putri

Abstract

Pada masa new normal Covid-19 memberikan banyak dampak seperti batasan kegiatan di luar dan kondisi ini berdampak pada masyarakat Indonesia sehingga kurang aktif dan kreatif serta secara kesehatan (psikologis) telah merasa bosan dengan rutinitas sama yang diam di rumah saja. Salah satu kelompok masyarakat yang mengalami mati suri yaitu kelompok ibu PKK Perumahan Landungsari, Kabupaten Malang. Potensi yang dapat dikembangkan yaitu keinginan kelompok ibu PKK Perumahan Landungsari, Kabupaten Malang untuk dapat beraktivitas dengan memanfaatkan sisa limbah keluarga yang cukup banyak di rumah masing-masing seperti seperti botol  bekas. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah membantu kelompok para ibu PKK Perumahan Landungsari memanfaatkan limbah botol bekas  untuk pembuatan tanaman hias vertikal garden pada masa new normal Covid-19. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masayarakat yaitu pelatihan sedangkan untuk implementasikan solusi yang telah dilaksanakan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian yang telah dilakukan bahwa ibu PKK Perumahan Landungsari sangat antusias belajar terkait pembuatan tanaman hias vertical garden dengan menggunakan botol bekas. Sedangkan tingkat keberhasilan pembuatan vertical garden yang telah dilakukan berhasil sebanyak 90% dengan indikator tanaman hias dapat hidup dengan baik. Selain itu warga perumahan Landungsari memiliki vertical garden yang fungsional dan estetika pada masing-masing rumah tempat tinggal.

Keywords

botol bekas; pemberdayaan ibu PKK; vertical garden

Full Text:

PDF

References

Budiyono, B., Alfian, R., Setyabudy, I., Kurniawan, H., Hastutiningtyas, W.R., dan Hendrikus, N. 2021. Desain Taman Olahraga pada Kawasan Stadion Kejapanan di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 6(1):29-38.

Blanc, P. 2008. The Vertical Gardens: From Nature to The City. Micheal Lafon Publishing. New York.

Alfaatihah, A.M.S, Permanasari, M.D., Sudrajat, A.G., Kurniatillah, A., Shavira, M.H., Afiff, D.K. 2021. Modular Vertical Garden sebagai Solusi Praktis Urban Gardening Institut Teknologi Nasional. Rekayasa Hijau: Jurnal Teknologi Ramah Lingkungan, 5(3):207-217.

Zati, M.R., Murdhian, dan Rosalina, D. 2020. Pelatihan Budidaya Metode Vertical Garden dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1):311-316.

Lotfi, Y.A., Refaat, M., El Attar, M., Salam, A.A. 2020. Vertical gardens as a restorative tool in urban spaces of New Cairo. Ain Shams Engineering Journal, 11:839-848.

Indriani, H., Rafida, A.N., Khasanah, M., Hanziko, R.C. 2020. Vertical Garden sebagai Solusi Degradasi Ruang Terbuka Hijau dan Edukasi Santri Wahid Hasyim Yogyakarta. 4(1):94-101.

Jayanti, A.V., Purnomo, E.P., dan Nurkasiwi, A. 2020. Vertical Garden: Penghijauan untuk Mendukung Smart Living di Kota Yogyakarta. AL-IMARAH: Jurnal Pemerintahan dan Politik Islam 5(1):41-54.

Nurjannah, S., Marpaung, R.R.T., dan Yolida, B. 2019. Pengaruh Vertical Garden Terhadap Kelembaban Udara Lembar Kerja Siswa Materi Pemanasan Global. Jurnal Bioterdidik, 7(3):41-49.

Miftahudin, Z., Gustaman, R.F., Firdaus, D.W., Mariyono, S.G. 2021. Pemanfaatan Vertical Garden Sebagai Alternatif Solusi Ketersediaan Pangan Masyarakat. Jurnal Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1):467-474.

Riyanto, S.C. 2020. Desain Pelatihan Pada Masa Pendemi Covid-19 (Studi Kasus Penerapan Metode Constructive Learning pada Penyampaian Pembelajaran Virtual Learning). Syntax Idea, 2(8):488-502.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.