Aktivitas Fisik Melalui Senam Lutut Lansia Untuk Pola Hidup Sehat Lansia

Ranu Baskora Aji Putra, Ipang Setiawan, Bambang Priyono, Said Junaidi, Yanesti Lestari, Isti Mulyawati

Abstract

Aktifitas fisik lansia yang kurang yang mengakibatkan kekakuan otot dan sendi-sendi terutama lutut. Sebagian besar lansia mengeluh kesakitan pada sendi lutut dan sukar untuk meluruskan tungkai. Adapun metode untuk menyelesaikan permasalahan tersebut akan ditawarkan alternatif solusi yang terdiri dari 3 kegiatan  yaitu promosi sehat dan  senam lutut lansia, serta cek kesehatan bagi lansia yang diawasi oleh tenaga kesehatan. Kegiatan promosi diharapkan mampu mengatasi akar permasalahan yang dihadapi mitra yaitu sikap acuh lansia terhadap apa yang dikonsumsi serta kurangnya aktivitas fisik pada sebagian besar lansia. Hasil kegiatan senam lutut yang merupakan kegiatan untuk menyelesaikan permasalahan kurangnya aktivitas gerak yang menyebabkan kekakuan sendi melalui porsi latihan yang sesuai dan latihan kelenturan otot. Kegiatan pengecekan kesehatan merupakan upaya preventif untuk mengetahui kondisi kesehatan lansia sehingga dapat menjadi “alarm” bagi lansia untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam menjaga pola hidupnya. Alternatif solusi yang ditawarkan sesuai dengan skema pengabdian yaitu peningkatan kualitas hidup dalam hal kesehatan masyarakat dan keolahragaan. 

Keywords

lansia; lutut; sehat; senam

Full Text:

PDF

References

Kusumawardani, D., Andanawarih, P. 2018. Peran Posyandu Lansia Terhadap Kesehatan Lansia di Perumahan Bina Griya Indah Kota Pekalongan. Jurnal Research Midwifery Politek Tegal, 7(1):273–277.

Lestari, M.W dan Weta, I.W. 2017. Status Gizi Lansia Berdasarkan Pengetahuan dan Aktivitas Fisik, di Wilayah Kerja Puskesmas Sukawati 1, Gianyar, Bali. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 4(2):56-63.

Sari, A.DK. 2016. Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kejadian Konstipasi Pada Lansia di Kota Madiun. Jurnal Media Gizi Indonesia, 11(1):40-47.

Bakara, D.M dan Warsito, S. 2016. Latihan Range Of Motion (Rom) Pasif terhadap Rentang Sendi Pasien Pasca Stroke. Jurnal Nursing, 7(2):13-18.

Gorji H.A, Alikhani, M., Mohseni, M., Moradi-Joo, M., Ziaiifar, H., Moosavi, A. 2017. The Prevalence Of Malnutrition In Iranian Elderly: A Review Article. Iranian Journal of Public Health, 46(12): 1603–1610.

Subekti, A., Kismiyati, K., dan Patungo, V. 2021. Pengaruh Latihan. Pasif (Stretching) terhadap Penurunan Nyeri Sendi Lutut pada Lansia di Panti Bina Lanjut Usia Kabupaten Jayapura. Jurnal Sentani Nursing, 1(1):1-7.

Nugraha, A.S., Widyatmoko, S., dan Jatmiko S.W. 2015. Hubungan Obesitas dengan Terjadinya Osteoartritis Lutut pada Lansia Kecamatan, Laweyan Surakarta. Jurnal Biomedika, 7(1):15-18.

Anita, F., Pongantung, H., Ada, P.V., dan Hingkam, V. 2018. Pengaruh Latihan Range of Motion Terhadap Rentang Gerak Sendi Ekstremitas atas Pada Pasien Pasca Stroke di Makassar. Jurnal Islam Nurs, 3(1):97–105.

Pradipta, G.D dan Sukoco, P. 2013. Model Senam Si Buyung untuk Pembelajaran Motorik Kasar pada Siswa Taman Kanak-kanak. Jurnal Keolahragaan, 1(2):130-141.

Warsito, B.E. 2012. Pemberian Intervensi Senam Lansia pada Lansia dengan Nyeri Lutut. Jurnal Keperawatan Diponegoro, 1(1):60-65.

Fatmawati, T. Y., Ariyanto, A., dan Nurfitriani, N. 2019. PKM Peningkatan Perilaku Hidup Sehat Pada Lanjut Usia di Panti Sosial Tresna Werdha Kota Jambi. Jurnal Dinamika, 4(1):21-30.

Saputra, R., Rahayu, W., dan Putri, R.M. 2019. Hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan Timbulnya Penyakit. Jurnal Ilmu Keperawatan, 4(1):40-53.

Septianingrum, A. 2014. Gambaran Kondisi Kesehatan Lingkungan Rumah Adat Using Desa Wisata Using Kemiren Kabupaten Banyuwangi. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.