Tamasya Edukasi Daring (TARING) Sebagai Kegiatan Edukasi Di Luar Kelas Saat Pandemi Covid-19

Miftakhul Rizqi, Indah Chairun Annisa, Andi Kurniawan Dwi Putra, Premitha Evi Noviana, Ettyani Etty, Risdiana Chandra Dhewy

Abstract

Di masa pandemi Covid-19 ini pembelajaran tetap harus dilakukan meskipun melalui daring. Oleh karena itu peserta didik perlu diberikan berbagai pilihan media untuk mendukung proses belajarnya, salah satunya yaitu melalui tayangan video jelajah virtual Tamsya Edukasi Daring. Program ini bertujuan untuk memberikan sensasi jalan-jalan langsung bagi peserta didik di tempat-tempat wisata yang belum pernah dikunjungi. Terutama tempat-tempat wisata yang berbiaya mahal. Sasaran dari program ini yaitu Bimbel dan TPQ Amanah di Kecematan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, yang mana sebagian besar peserta didik di tempat tersebut merupakan kalangan masyarakat menengah ke bawah. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah penentuan lokasi wisata, pengambilan gambar di tempat wisata yang dituju, penyatuan gambar menjadi bentuk video, pengisian suara, penyuntingan akhir video, penayangan hasil video ke peserta didik, dan pengisian angket respons oleh peserta didik. Hasil dari kegiatan ini yaitu berupa video dari berbagai tempat, dan buku pedoman pelaksanaan kegiatan pengabdian. Kemudian dengan adanya hasil video tamasya edukasi daring ini dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang sudah disesuaikan dengan kurikulum.

Keywords

tamasya daring; video pembelajaran; pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References

Humas. 2020. Memaknai Pendidikan anak Usia Dini di Saat Pandemi Covid 19, Universitas Al Azhar Indonesia.

Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Prestasi. Jakarta.

Hendayana, Y. 2020. Tantangan Dunia Pendidikan di Masa Pandemi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Zulfitria, Ansharullah, dan Fadhillah, R. 2020. Penggunaan Teknologi dan Internet sebagaiMedia Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. Halaman 1-10.

Rahim, F. 2020. Bagaimana Peran Teknologi Internet Selama Pandemi Covid-19?, Kumparan. Available at: https://kumparan.com/fitra-rahim/bagaimana-peran-teknologi-internet-selama-pandemi-covid-19-1tvKVFngl0s [Diakses 18 September 2021].

Ningthoujam, R. 2016. Construction and Importance of Video Based Analyses Teaching in Physical Education by Use of Window Live Movie Maker. Journal of Education and Pedagogy, 1(1):1-13.

Maulana, I.T., Firdian, F., Rahmelina, L., Ningsih, S.R., Suryani, K., dan Putri, R.A. 2021. E-Learning effective during the Covid-19 era. Elementary Education Online, 20(2):179-188.

Syahrir, Restika, A.P., dan Firdaus, M. 2019. Penerapan Animasi 3 Dimensi Untuk Wisata Edukasi Anak Berbasis Virtual Reality. Jurnal Teknologi Elektrika, 16(1):33-38.

Undang-Undang Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 37 Halaman.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.