Strategi Pemasaran Produk Olahan Agribisnis Nanas Anggota Koperasi Langgeng Mulyo Desa Ngancar Kecamatan Ngancar, Kediri

Endro Puji Astoko, Nunuk Helilusiatiningsih

Abstract

Produksi buah nanas merupakan unggulan di wilayah Ngancar Kediri dan potensi dipasarkan dalam bentuk segar atau olahan nanas di Indonesiadan internasional. Kandungan nilai gizi nanas yaitu vitamin A, B C, D, serat, kalium, magnesium, zat besi, kalsium, dan protein. Pemasarana dalah usaha menjalankan bisnis guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran. Tujuan kegiatan yaitu meningkatkan rasa optimisme dalam berwirausaha, membangun sikap jujur dan dipercaya, mempunyai semangat berusaha serta ulet dalam mengembangkan jejarig market. Metode pelaksanaan yakni menyampaikan materi tentang strategi memasarkan produk berbasis tanaman nanas dan olahan diteruskan diskusi tanya jawab permasalahan yang ada saat ini. Hasil mentoring yang diperoleh adalah pengembangan kemampuan diri dalam membangun jejaring pasar, peluang bisnis berbagai produk dan pentingnya strategi pemasaran online dan offline, menjalin kemitraan pasar dan kemudian pengembangan rumah inkubasi bisnis, sehingga dihasilkan model ekosistem bisnis dengan sumberdaya manusia yang profesional dan memiliki manajemen yang baik, berkelanjutan untuk dijadikan tranmark dalam skala nasional.

Keywords

anggota koperasi Langgeng Mulyo; kelompok tani; agibisnis nanas; strategi pemasaran

Full Text:

PDF

References

Wibowo, D.H., Arifin Z., dan Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1):59-66.

Purwanto, I. 2008. Manajemen Strategi. Ryama Widya. Bandung.

Atmoko, T.P.H. 2018. Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2):83-94.

Hutama, C.L dan Subagio, H. 2014. Analisa Pengaruh Dining Experience terhadap Behavioral Intention dengan Customer Satisfaction sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1):1-8.

Karnelis. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran terhdap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Hotel Kartika Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1):719-728.

Rusdi, M. 2019. Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Perusahaan Genteng UD. Berkah Jaya. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2):49-54.

Dayat M. 2019. Strategi pemasaran dan optimalisai bauran pemasaran dalam merebut calon konsumen jasa pendidikan. Jurnal Ilmiah Fakultas Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan, 1(2):218-299.

Susetyersi Th. 2012. Kemasan Produk dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan, dan Pelabelan pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Minuman Mizone di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4(3):19-28.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.