Sosialisasi Pemahaman Pendidik Tentang Determinan Kurikulum dalam Keterlaksanaan Pembelajaran Efektif

Anindita Trinura Novitasari, Didik Hermanto, Aldila Septiana, R.A Rica Wijayanti, Bagus Imam Faisal

Abstract

Prestasi belajar yang ideal harus didukung pemahaman pendidikan dalam menjalankan kurikulum sekolah supaya sesuai dengan tingkat kebutuhan usianya untuk setiap tingkatan pendidikan. Determinan kurikulum menjadi asas yang mendasar dalam penentuan kurikulum. Terdapat empat determinan yang perlu dipahami pendidik untuk keterlaksanaan pembelajaran efektif, diantaranya determinan filosofis, determinan psikologis, determinan sosiologis,   dan determinan hakekat pengetahuan. Masing-masing determinan kurikulum ini memiliki lingkup sasarsan dalam mematangkan kurikulum yang terbentuk pada setiap satuan pendidikan sebagai asas yang melandasi kurikulum. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan pemahaman pendidik terhadap determinan kurikulum untuk pelaksanaan pembelajaran efektif yang dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan pemahaman yang lebih mendalam  kepada pendidik terhadap bagaimana semestinya proses pembelajaran. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat adalah teknik sosialisasi yang terdiri observasi dan perencanaan, tahap tindakan, dan tahap evaluasi. Pengabdian masyarakat ini dilakukan pada guru tingkat satuan pendidikan anak usia dini dengan jumlah pendidik sebanyak 6 guru. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukan peningkatan pemahaman pendidik  untuk keterlaksanaan pembelajaran efektif sehingga menjadi media bagi pendidik untuk bertukar pikiran secara aktif interaktif    berkaitan dengan keterlaksanaan pembelajaran yang telah berjalan selama ini.

Keywords

determinan; filosofis; ideal; psikologis; sosiologis

Full Text:

PDF

References

Nasution, S. 2012. Kurikulum dan Pengajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Hamalik, O. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Uno, H.B., Atmowijoyo, S., dan Lamatenggo, N. 2018. Pengembangan kurikulum rekayasa pedagogik dalam pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Depok.

Mahmudi, A. 2015. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika. In: Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. Pendidikan Matematika FKIP Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta

Yuhasnil dan Anggreni, S. 2020. Manajemen Kurikulum dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal of Administration and Educational Management, 3(2):214–221.

Aulia, R dan Sontani, U.T. 2018. Pengelolaan Kelas sebagai Determinan terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidik Manajemen Perkantoran, 3(2):149-157.

Anggraini, C dan Imaniyati, N. Fasilitas Belajar dan Manajemen Kelas sebagai Determinan terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Manajerial, 16(2):196-204.

Marienda, W., Zainuddin, M., dan Hidayat, E.N. 2015. Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(2):147-300.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.