Desain Ruang Kelas yang Efektif untuk Menghafal di Sekolah Tahfiz Setaba Utsman

Sri Andika Putri, Elly Lestari

Abstract

Desain ruang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan usia anak menjadi salah satu faktor yang dapat mendukung tercapainya target pembelajaran bagi siswa di sekolah. Sekolah Setaba Utsman merupakan salah satu sekolah swasta yang bertujuan memberikan hafalan Al-Quran kepada siswa. Sistem yang digunakan adalah bermain sambil belajar. Untuk mendukung hal ini perlu dilakukan desain ruang kelas yang menarik dan sesuai dengan pembelajaran siswa. Tujuan PKM ini adalah untuk memberikan kenyaman dan memotivasi siswa agar lebih giat lagi menghafal Al-Quran dengan adanya desain ruang kelas yang mendukung pembelajaran. Dengan pembuatan desain ruang kelas diharapkan siswa bisa lebih betah berada di dalam kelas sambil mendengarkan ayat-ayat Al-Quran untuk hafalan mereka.

Keywords

memotivasi; nyaman; ruang kelas

Full Text:

PDF

References

Sindunoto, H. 2013. Pengaruh Desain Interior Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Taman Kanak-Kanak Ciputra Di Surabaya. Jurnal Dimensi Interior, 11(1):22-30.

Refranisa dan Chairul, S. 2020. Pengembangan Desain Ruang Kelas Dalam Upaya Mendukung Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Jurnal Selaparang, 4(1):406-410.

Mularsih, Heni, dan Hartini. 2019. Pengelolaan Ruang Kelas Dalam Rangka Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran Di PKMB Insan Cendekia. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1):15-21.

Majidah., Dian, H., dan Fadli, M. 2019. Penggunaan Warna Dalam Desain Perpustakaan Terhadap Psikologis Pemustaka. Jurnal Ristekdik, 4(2):95-106.

Thenius, H.P,. Ahdiat J., dan Diah, A. 2019. Kajian Dampak Elemen Interior Pada Fasilitas Ruang Belajar Taman Kanak-Kanak Terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak. Jurnal Seni dan Reka Rancang, 1(2):261-290.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.