Komunikasi Partisipatif Optimalisasi Vertikultur Dalam Membangun Kemandirian Pangan Rumah Tangga Daerah Perkotaan Di Keluarahan Kendangsari, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Surabaya

Muhammad Fadeli, M. Hilmi Aziz, Ketut Ayusa Mahadewi

Abstract

 

Bertambahnya jumlah penduduk semakin meningkat pula kebutuhan lahan dan pangan. Ditengah masyarakat perkotaan tentunya harus dilakukan budidaya pangan yang efisien. Sistem vertikultur digunakan sebagai salah satu alternatif keterbatasan lahan yang dimiliki masyarakat dalam budidaya sayuran di daerah perkotaan. Vertikultur merupakan cara bertanam secara vertikal yang cocok diterapkan di pekarangan rumah. Keunggulan vertikultur ialah menghemat lahan, air, dan pupuk. Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bhayangkara Surabaya yang dilaksanakan di Kelurahan Kendangsari, Tenggilis Mejoyo, Surabaya. Tujuan pengabdian masyarakat adalah menerapkan urban farming yaitu pertanian di daerah perkotaan dengan metode vertikultur. Mencapai hal tersebut maka KKN melakukan metode Komunikasi Partisipatif melalui aktifitas sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan kepada warga kelurahan Kendangsari. Setelah upaya tersebut warga bisa melakukan budidaya sendiri serta mampu memanfaatkan hasil budidayanya menjadi suatu produk sehat dan memiliki nilai jual. Vertikultur adalah alternatif yang dipilih oleh KKN Tematik Univeritas Bhayangkara Surabaya untuk menjadi solusi dalam membangun kemandirian pangan. Berdasarkan hasil pengabdian yang telah dilakukan menunjukan masyarakat dapat memanfaatan dan pengomptimalan lahan pekarangan menggunakan sistem petanian vertikultur dalam budidaya sayuran bagi masyarakat Kelurahan Kendangsari, Tenggilis Mejoyo, Surabaya dengan ketersediaan lahan dan air yang terbatas.

 

 

Keywords

budidaya; pangan; vertikultur

Full Text:

PDF

References

Dwiratna, A., Widyasanti, A., dan Rahmah, D.M. 2016. Pemanfaatan Lahan Pekarangan dengan Menerapkan Konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 5(1):19-22.

Sedana, G. 2020. Urban Farming sebagai Pertanian Alternatif dalam Mengatasi Masalah Ekonomi pada Masa dan Pasca Pandemi Covid- 19. Makalah Seminar Nasional. Fakultas Pertanian. Universitas Dwijendra. Denpasar. 26 Mei 2020. Halaman 1-6.

Hasyim, M dan Mirajuddin, M. 2013. Pendampingan Pembuatan Media Veltikultur untuk Penanaman Tumbuhan Obat dalam Pemaksimalan Pekarangan Rumah. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 2:82-87.

Purbosari, P., Sasongko, H., Salamah, Z., dan Utami, N. 2021. Peningkatan Kesadaran Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat Desa Somongari melalui Edukasi Dampak Pupuk dan Pestisida Anorganik. Jurnal Agrokreatif, 7(2): 131-137.

Handayani, S. 2006. Perlibatan Masyarakat Marginal dalam Perencanaan dan Penganggaran Partisipasi. Kompip Solo. Surakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.