Pemanfaatan Penggunaan Digital Marketing Pada Usaha Kelompok Pengrajin Ornamen Tempel Ukir Tanah Liat Di Desa Mayong Lor, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Jayanti Putri Purwaningrum, Nur Fajrie, Supriyono Supriyono, Nafi’ Inayati Zahro, Sugoro Bhakti Sutono, Ratri Rachmawati

Abstract

Era 5.0 memaksa pelaku bisnis pada seluruh sektor merubah sistem pemasaran produknya dari tradisional menjadi digital marketing. Padahal pada kenyataannya tidak semua pelaku bisnis memahami berbagai bentuk digital marketing. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan bagi kelompok pengrajin ornamen ukir tanah liat di Desa Mayong Lor, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah tentang pemanfaatan media sosial dalam pemasaran. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah ceramah, diskusi sekaligus praktek yang langsung dilakukan oleh kelompok pengrajin. Peserta kegiatan adalah dua puluh orang pengrajin yang rata-rata belum memahami bagaimana pemanfaatan digital marketing dalam pemasaran. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta mendapatkan ilmu pengetahuan tentang berbagai digital marketing baik dari pengertian dan jenisnya. Selain itu, peserta juga dapat membuat konten dan caption persuasif untuk pemasaran.

 

Keywords

digital marketing; ornamen tempel; tanah liat

Full Text:

PDF

References

Susilowati, Giantika, G., Munanjar, A., dan Utomo, I.W. 2021. Penyuluhan tentang Pemanfaatan Media Digital Marketing dalam Penyampaian Informasi sebagai Wujud Pelayanan Prima pada Anggota Yayasan Pundi Rakyat Jakarta Pusat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 1(2):379-388.

Harahap, H.S., Dewi, N.K., dan Ningrum, E.P. 2021. Pemanfaatan Digital Marketing bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2):77-85.

Purwaningrum, J.P., Purbasari, I., dan Rini, G.P. 2020. Pemberdayaan Pengrajin Melalui Inovasi Produk “Remitan” Ramah Anak Berdaya Saing Global di Kampoeng Remitan Desa Mayong Lor, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas, 6(2):148-155.

Irmawati, D. 2011. Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 4:95-112.

Dyanasari dan Arvianti, E.Y. 2018. Pemanfaatan Penggunaan E-Commerce pada Usaha Pembibitan Jumbo dan Jambu Madu Deli di Desa Punten Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia (JAPI), 3(2):54-57.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.