Pendidikan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami Di SMP N 7 Kota Bengkulu Sebagai Sekolah Pada Zona Keterpaparan

Herlin Fransiska, Dian Agustina, Dyah Setyo Rini

Abstract

Kota Bengkulu merupakan Ibu kota Provinsi Bengkulu yang berada pada zona aktif gempa bumi, serta terdapat zona Megathrust dan zona sumber gempa Mentawai Backthrust yang menyebabkan sering terjadi gempa bumi bahkan berpotensi tsunami. Sebuah penelitian menghasilkan zona keterpaparan gempa bumi dan tsunami di Kota Bengkulu. Tujuan pengabdian pada masyarakat yaitu memberikan edukasi mitigasi terhadap gempa bumi dan tsunami SMP N 7 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan pada pengabdian yaitu aktive learning. Tahapan kegiatan diawali dengan pre-test, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi gempa bumi dan tsunami dan langkah kesiapsiagaan, diakhiri dengan post-test. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian yaitu peserta mengikuti dengan antusias, hasil pre-test dan post-test menunjukkan hasil yang signifikan, yang artinya kegiatan terlaksana dengan baik dan tujuan kegiatan tercapai dilihat dari signifikansi uji beda berpasangan terhadap evaluasi kegiatan dengan nilai signifikansi 0.020 yang artinya dengan taraf nyata 5% terdapat perbedaan yang signifikan pengetahuan peserta sebelum dan setelah kegiatan mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami. Kegiatan ini penting dilakukan dan memberikan pengetahuan yang bermanfaat untuk daerah yang berada di zona aktif gempa bumi.

Keywords

gempa bumi; kesiapsiagaan; mitigasi; tsunami; zona keterpaparan

Full Text:

PDF

References

Saputra, J.F., Rosmiati M,. dan Sari, M.I. 2018. Pembangunan Prototype Sistem Monitoring Getaran Gempa Menggunakan Sensor Module Sw-420. Proceedings of Applied Science, 4(3):2055-2068.

Supriani, F. 2009. Studi Mitigasi Gempa di Bengkulu dengan Membangun Rumah Tahan Gempa. Jurnal Teknik Sipil (INERSIA), 1(1):8-15.

Islam, F., Subiyanto, S,. dan Sabri, L.M., 2014. Penentuan Resiko dan Kerentanan Tsunami di Kebumen Dengan Citra Alos. Jurnal Geodesi UNDIP, 3(1):8-9.

Akbar, F.S, Vira, B.A, Doni, L.R, Putra, H.E,. dan Efriyanti, A. 2020. Aplikasi Metode Weighted Overlay untuk Pemetaan Zona Keterpaparan Permukiman Akibat Tsunami (Studi Kasus: Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah). Jurnal Geosains dan Remote Sensing (JGRS), 1(1):43-51.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.