Workshop Literasi Digital sebagai Sumber Referensi Ilmiah dan Mengajar bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Bengkulu Tengah

Dian Eka Chandra Wardhana, Sudarwan Danim, Noermanzah Noermanzah

Abstract

Banyak guru bahasa Indonesia tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Bengkulu Tengah yang belum memahami tugasnya dalam literasi digital. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mendeskripsikan hasil workshop literasi digital sebagai sumber referensi ilmiah dan mengajar bagi guru bahasa Indonesia tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Bengkulu Tengah. Workshop ini dilakukan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting selama 4 hari atau setara 32 jam dari tanggal 27 sampai dengan 30 September 2021. Workshop ini dilaksanakan atas dasar kerja sama antara Program Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP Universitas Bengkulu dengan MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Bengkulu Tengah. Workshop ini menghasilkan 86% peserta menerima pemahaman materi tentang literasi digital dengan kriteria baik dan 82% peserta memahami dengan baik tentang cara menggunakan aplikasi pembelajaran. Kemudian, 35% peserta workshop sudah mampu memproduksi media pembelajaran atau sejenisnya dengan menggunakan aplikasi Mendeley, Google Form, VideoScribe Sparkol, Render Forest, Zoho Forms, Media Padlet, dan Camtasia.

Keywords

guru bahasa Indonesia; literasi digital; mengajar; sumber referensi ilmiah; workshop

Full Text:

PDF

References

Kholid, K. 2020. Pentingnya Literasi Digital bagi Guru pada Lembaga Pendidikan Tingkat Dasar dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Horizon Pedagogia, 1(1):22-27.

Restianty, A. 2018. Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1):72-87.

Wardhana, D.E.C., Basuki, R., dan Noermanzah, N. 2020. Webinar dan Pendampingan Daring Penulisan Artikel Hasil Penelitian pada Jurnal Nasional Terakreditasi bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4):228-235.

Syaripudin, A., Ahmad, D., Ningrum, D.W., Banyumurti, I., dan Magdalena, M. 2019. Kerangka Literasi Digital Indonesia.

Nasrullah, R., Satya, W.A.T.I., Nento, M.N., Hanifah, N., Miftahussururi, dan Akbari, Q.S. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Harjono, H.S. 2019. Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1):1-7.

Liansari, V dan Nuroh, E.Z. 2018. Realitas Penerapan Literasi Digital bagi Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Proceedings of the ICERS, 1(3):241-252.

Gracia, A., Djaja, M., Ninin, N., Rachman, N., Damis, S., Patria, G,N., Sumarti, Bismo, H., Widuri, Karlina, L.A., Setiawan, B. 2018. Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak di Era Digital. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Alexander, B., Adams Becker, S., Cummins, M., dan Hall Giesinger, C. 2017. Digital Literacy in Higher Education, Part II: An NMC Horizon Project Strategic Brief. Volume 3.4, August 2017. The New Media Consortium. Austin, Texas.

Hidayah, L., Widodo, G.S., dan Sueb. 2019. Revitalisasi Partisipasi Masyarakat dalam Gerakan Literasi Nasional: Studi pada Program Kampung Literasi. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1):87-98.

Atmazaki, Ali, N.B.V., Muldian, W., Miftahussururi, Hanifah, N., Nento, M.N., dan Akbari, Q.S. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Ibrahim, G.A., Ismadi, H.D., Ali, F.Z.N.B.V., Alipi, M., Antoro, B., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M.N., Akbari, Q.S., dan Aziz, M. 2017. Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Gilster, P. 1997. Digital Literacy. Wiley Computer Pub. New York.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.