Optimalisasi Digital Marketing melalui Peran Penting Social Media Monitoring

Alvian Alrasid Ajibulloh

Abstract

Pelaku usaha semakin paham tentang digital marketing sehingga berlomba-lomba dalam membuat content digital marketing yang kreatif dan menarik. Akan tetapi untuk sebagian pelaku usaha kurang paham dalam monitoring konten tersebut, oleh karena itu kurang maksimal dalam menjalankan digital marketing. Berdasarkan kondisi tersebut pengabdi bersama mitra (Shilah Media) mengadakan pelatihan dalam bentuk edukasi terkait optimalisasi digital marketing melalui peran social media monitoring. Pelatihan ini dilakukan dalam bentuk virtual webinar (video conference) dengan menggunakan platform zoom meeting. Melalui edukasi ini, mitra dan klien-kliennya, mendapatkan pengetahuan baru yang dapat dijadikan jembatan atau bentuk usaha untuk menemukan solusi utama bagi UMKM di masa pandemi Covid-19.

Keywords

destinasi wisata; konten; kreativitas; video promosi

Full Text:

PDF

References

Yuswohady. 2020. New Marcomm Paradigm.https://www.yuswohady.com/2020/07/18/new-marcomm-paradigm/ [Diakses pada 22 September 2021].

Stephanie, C. 2021. Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia Melek Media Sosial. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/24/08050027/riset-ungkap-lebih-dari-separuh-penduduk-indonesia-melek-media-sosial [Diakses 22 September 2021].

Yoga. S. 2018. Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1):29-46.

Nurpratama, M dan Anwar, S. 2020. Penerapan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) di Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu, Investasi, 6(2):87-102.

Sulaksono, J. 2020. Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Jurnal Generation, 4(1):41-47.

Ajibulloh, A.A. 2020. Pemanfaatan Microsoft Powerpoint sebagai Solusi Strategi, Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4:474-478.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.