Pelatihan Akuntansi Manajemen dengan Penerapan Transaction Processing System bagi UMKM yang Berproduksi Menurut Pesanan di Banda Aceh

Lukman Ahmad, Harry Idwan, Imilda Imilda, Tarmizi Tarmizi

Abstract

Pencatatan transaksi adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan dalam operasional bisnis. Merupakan kegiatan data-entry yang sangat diperlukan untuk proses bisnis selanjutnya. Transaction Processing System (TPS) adalah pendukung untuk system informasi lainnya, seperti sistem Informasi akuntansi yang sangat diperlukan oleh manajemen suatu bidang usaha. Termasuk UMKM membutuhkan TPS untuk operasinal bisinisnya. Di pasaran telah banyak tersedian aplikasi TPS bahkan berupa mesin kasir Cash Register. Namun bagi UMKM yang memproduksi barang berdasarkan pesanan khusus (special order) haruslah memiliki TPS khusus yang dapat disebut Order Register System. Kemudian hasilnya dapat ditidak-lanjuti ke proses akuntansi, dan untuk pengambilan keputusan. Semua kegiatan itu termasuk kedalam manajemen akuntansi. Di dunia bisnis, UMKM membutuhkan ketrampilan dan pengetahuan tersebut agar dapat bersaing dan berkembang. Jadi pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan adalah memberikan pelatihan pengaplikasian TPS dan akuntansi manajemen. Sedangkan UMKM objek pelaksanaannya di Al Mathar Bingkai, kelurahan Peunayong, kecamtan Kuta Alam, kota Banda Aceh. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukan bahwa para peserta dapat mengaplikasikan bagaimana memudahkan keputusan bisnis, mempredisksi bisnis di masa mendatang, menganalisa tingkat pengembalian, untuk dapat mengidentifikasi masalah bisnis dan untuk perencanaan bisnis.

Keywords

akuntansi manajemen; order register system; transaction processing system (TPS)

Full Text:

PDF

References

Ismail, I. and Bahgia, S. 2021. Digitalisasi Sebagai Strategi Revitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMT KITA, 5(2): 131-139.

Hamdani, H. and Farmiati, J. 2021. Analisis Serapan Kredit Investasi UMKM di Aceh. Jurnal EMT KITA, 5(2):157-162.

Harahap, M.A., Hafizh, M., dan Alam, A.P., 2021. Analisis Data Panel Pengaruh PDRB, BI Rate dan IPM Terhadap Tabungan Bank. Jurnal EMT KITA, 5(2):146-156.

Tarmizi, T dan Ismail, I. 2020. Model Marketplace Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal EMT KITA, 4(1):11-18.

Fahmi, I., Zakaria, Z., Nasir, N., Farnita, I., Ilyas, I., Iqbal, T., dan Ismail, I. 2021. Sosialisasi Ekonomi Syariah di Gampong Ateuk Lamphang, Simpang Tiga, Kabupaten Aceh Besar. E-Amal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3):399-406.

Al Cassany, S. 2021. Pelatihan Myob Accounting pada UKM Mahasiswa Akuntansi AMIK Indonesia. AJAD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1):17-25.

Muslihah, I dan Nastura, S.A., 2020. Transaction Processing System Analysis Using The Distribution Management System (DMS) Nexsoft Distribution 6 (ND6). International Journal of Computer and Information System (IJCIS), 1(2):31-34.

Bernstein, P.A and Newcomer, E., 2009. Principles of transaction processing 2nd Edition. Morgan Kaufmann

Ahmad, L dan Munawir. 2018. Sistem Informasi Manajemen (Volume 1). Lembaga Komunitas Informasi Teknologi Aceh (KITA) Publisher. Kota Banda Aceh.

Mahato, D.P and Singh, R.S. 2017. Balanced task allocation in the on‐demand computing‐based transaction processing system using social spider optimization. Concurrency and Computation: Practice and Experience, 29(18):4214.

Hariyani, D.S. 2018. Akuntansi Manajemen. Aditya Media Publishing. Malang.

Rizal, S dan Wali, M. 2018. Perbankan Komputer: Teori dan Praktikum. Deepublish. Bandung.

Jamil, M., Jamali, J., Refi, T.M., Wiriani., and Aziz, A. 2021. Pengabdian Peningkatan Pengetahuan Pengurus atau Pengelola Koperasi dalam Mengelola Koperasi Sesuai dengan Praktek Bisnis yang Sehat di Aceh Timur. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 2(1):13-18.

Eviyanti, A., 2021. Upaya Peningkatan Ketrampilan Pengolahan Pisang Kelompok Tani Wonotirto di Desa Cerme Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 2(2):73-78.

Suparman, K., Triayudi, A., dan Andrianingsih, A. 2022. Rancang Bangun Marketplace pada UMKM Terimbas Pandemi Covid-19 Menggunakan Metodologi Pengembangan Waterfall dan Metode FIFO. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 6(1):7-19.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.