Pelatihan Penjaminan Mutu Lulusan Menggunakan IASP 2020 di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Enung Hasanah, Sukirman Sukirman, Pebriana Priyambodo, Ilham Andika

Abstract

Secara umum, semua proses pendidikan di sekolah ditujukan untuk membangun mutu lulusan yang kompeten dan memiliki kemampuan adaptasi terhadap setiap perubahan. Untuk itu, sekolah seharusnya senantiasa melakukan proses penjaminan mutu lulusan setiap saat agar dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan perubahan zaman. Untuk mewujudkan hal tersebut, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta melakukan berbagai upaya penjaminan mutu, salah satunya adalah dengan melakukan kemitraan secara institusional dengan Universitas Ahmad Dahlan sebagai perguruan tinggi kependidikan yang memiliki kepedulian tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Salah satu program Kerjasama Institusional antara Universitas Ahmad Dahlan dengan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta adalah dengan adanya program pengabdian masyarakat dari UAD kepada SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Program pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penjaminan mutu lulusan dengan menggunakan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 (IASP 2020), agar SMA Muhammadiayh 2 Yogaykarta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk melakukan penjaminan mutu lulusan secara mandiri. Metode yang dilakukan adalah melalui tiga acara yaitu 1) Ceramah dalam bentuk webinar, 2) Mitra melakukan praktik terbimbing menyusun bukti kinerja mutu lulusan berdasarkan IASP 2020, dan 3) Proses review tim abdimas terhadap bukti kinerja yang berhasil disusun oleh tim penjaminan mutu mitra. Hasil pengabdian ini menunjukan bahwa pengetahuan dan keterampilan mitra mengalami peningkatan dalam hal penjaminan mutu lulusan menggunakan IASP 2020. Ini terbukti dari dihasilkannya produk berupa bukti kinerja komponen mutu lulusan serta hasil evaluasi diri yang tepat sesuai dengan kondisi sekolah. Kemampuan ini bermanfaat bagi sekolah untuk dapat melakukan penjaminan mutu lulusan menggunakan IASP 2020 secara mandiri.

 

Keywords

akreditasi; IASP 2020; lulusan; SMA penjaminan mutu

Full Text:

PDF

References

VIII. DAFTAR PUSTAKA

Raharjo, S.B. 2012. Evaluasi trend kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2):511-532.

Previtali, P and Cerchiello, P. 2021. ‘Corporate governance and the responsiveness of organisations to a change in accreditation standards’, Quality in Higher Education, 27(4):1-11.

Hien, T.T.T., Huong, N.T.T., Luong, T.H., Cuong, N.H, Thuy, B.T.T., Huy, N.H., Nhung, T.T., and Anh, N.T.K. 2021. Developing a Toolkit for Measuring the Levels of Education Quality Assurance in Higher Education Institution Accreditation in Vietnam: Problems and Solutions. VNU Journal of Science: Education Research, 37(1):67-80.

Landrigan, C.P., Barger, L.K., Cade, B.E., Ayas, N.T., and Czeisler, C.A. 2006. Interns Compliance with Accreditation Council for Graduate Medical Education work-hour limits. Journal of the American Medical Association, 296(9):1063-1070.

Rivkin, S. G., Hanushek, E.A., and Kain, J.F. .2005. Teachers, Schools, and Academic Achievement. Journal of Econometrica, 6(2):417-458.

Hasanah, E. 2019. Perkembangan Moral Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Kohlberg. Jipsindo, 6(2):131-145.

Abu-alhaija, A.S. 2018. Religion in Consumer Behaviour Research : The Significance of Religious Commitment and Religious Affiliation. International Journal of Economics, Commerce and Management, 1(1):245-258.

Suter, W.N. 2014. Qualitative Data, Analysis, and Design, in Introduction to Educational Research: A Critical Thinking Approach. https://dx.doi.org/10.4135/9781483384443.

Rankin, B.W.J and Welsh, C. 2013. Accreditation: in Encyclopedia of Forensic Sciences: Second Edition. Teesside University. England, UK.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.