Perancangan dan Pelatihan Sistem Operasional Usaha di Peternakan Cacing Yapoka Anugerah Mandiri (YAM)

Dian Trihastuti, Jaka Mulyana, Lusia Permata Sari Hartanti

Abstract

Peluang wirausaha budidaya cacing Lumbricus Rubellus (LR) memiliki prospek yang sangat baik karena tingginya permintaan dari dalam maupun luar negeri. Peternakan cacing YAM yang berlokasi di Surabaya, telah merintis usaha ini selama dua tahun. Saat ini, peternakan YAM memerlukan pembenahan sistem operasional usaha untuk dapat melakukan efisiensi biaya melalui perencanaan dan pengembangan strategi usaha guna mendukung keberlanjutan usaha peternakan YAM. Pembenahan sistem operasional usaha yang dilakukan  meliputi perancangan website, database, dan pelatihan sistem operasional usaha bagi karyawan peternakan YAM. Beberapa keterampilan yang diperoleh dari pelatihan ini antara lain proses edit website, penggunaan database dan penggunaan software untuk peramalan permintaan. Hasil evaluasi dari peserta pelatihan ditemukan perlunya pendampingan lanjutan terkait materi yang diberikan dan juga kesempatan untuk melakukan pelatihan yang sama dengan ruang lingkup peserta  yang lebih luas.

Keywords

database; peternakan cacing; sistem operasional; website

Full Text:

PDF

References

Putra, S.E., Johan, I., dan Hasby, M. 2018. Pengaruh pencampuran kotoran ternak sebagai media kultur terhadap pertambahan populasi cacing tanah (Lumbricus Rubellus). Dinamika Pertanian, 34(1):75-80.

Resiana, S. 2017. Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Usaha Budidaya Cacing Lumbricus Rubellus di Desa Kumpulrejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga. Doctoral Dissertation. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Mursidi. 2016. IBM Peternak Cacing Tanah (Lumbricus Rubellus) Desa Borogragal. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 1(2):11-15.

Firmansyah, M.A., Suparman, S., Harmini, H., Wigena, I.G.P., dan Subowo. 2014. Karakterisasi Populasidan Potensi Cacing TanahuntukPakan Ternak dari Tepi Sungai Kahayan dan Barito. Berita Biologi, 13(3):333-341.

Ridwan, M dan Hatuwe, M. 2017. Pembinaan Industri Kecil dan Menengah Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Bontang. Jurnal Administrative Reform, 2(2):187-199.

Yuniarti, S., Sunarjo, dan Sedyowati, L. 2020. Budidaya Cacing Lumbricus Rubellus dengan Media Limbah Jamur sebagai Bahan Dasar Kosmetik dan Obat-Obatan. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2):93-104.

Pratama, M.F.P., Atika, L., dan Hutrianto. 2012. Analisis Perancangan Sistem Basis Data Manajemen Produksi Pada PT Tirta Osmosis Sampurna Palembang. Jurnal Mahasiswa TI S1, 1-12.

Holland, J. 2020. Learn How to Create a Wix Website: Current Best Practices. Journal of National Social Science Technology, 8(2):50-58.

Yulius, H. 2017. Peramalan Penjualan Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Roti Sania Dengan Menggunakan Program POM QM. Jurnal Edik Informatika, 1(2): 64-69.

Sholeh, B., Wahono, B., dan Rahman, F. 2020. Pengaruh Keterampilan, Pengalaman, dan Kemampuan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada UKM Mebel di Dusun Nung Tenga, Desa Asemjaran, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(12):95-110.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.