Pemberdayaan Karang Taruna “Sadar Sehat Lansia” di Desa Kebun Agung, Kecamatan Kota Sumenep

Sugesti Aliftitah, Nelyta Oktavianisya

Abstract

Lanjut usia akan mengalami proses penuaan, pada prosespenurunan fungsi fisik dan psikososial akan mempengaruhi kualitas hidup. Beberapa masalah pada lansia, yaitu gangguan fisik, gangguan kesehatan, kehilangan dalam bidang sosial ekonomi, gangguan sex, dan gangguan adaptasi terhadap kehilangan. Masalah yang timbul pada kehidupan lansia akan mempengaruhi kualitas hidupnya. Permasalahan yang ada di Desa Kebun Agung adalah belum optimalnya kegiatan posyandu lansia yang memfasilatasi lansia untuk memantau kesehatannya. Solusi terhadap masalah itu adalah dilakukannya pemberdayaan Karang Taruna “sadar sehat lansia” di Desa Kebun Agung, Kecamatan Kota Sumenep. Metode pada Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini yaitu sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan remaja Karang Taruna dan masyarakat di Desa Kebun Agung, tahap selanjutnya diberikan pelatihan kepada kader (remaja Karang Taruna) tentang pemeriksaan tekanan darah, BB, TB, dan IMT pada lansia. Kader dibekali Guide Book dan lembar kontrol untuk memudahkan saat proses pemeriksaan fisik pada lansia. Kegiatan PKM dilakukan di Desa Kebun Agung, Kecamatan Kota Sumenep pada bulan Januari-Juli 2021. Hasil kegiatan pemberdayaan Karang Taruna ini berdampak baik yaitu pada saat ini terdapat 60% lansia yang memeriksakan diri pada kader.

 

Keywords

karang taruna; lansia; sehat

Full Text:

PDF

References

Rohmah, A.I.N, Purwaningsih, Bariyah, K. 2012. Kualitas Hidup Lanjut Usia. Jurnal Keperawatan, 3(2):120-132.

Suhartini, R. 2004. Pengaruh Faktor Kesehatan, Kondisi Ekonomi dan Kondisi Sosial terhadap Kemandirian Orang Lanjut Usia (Studi Kasus di Kelurahan Jambangan). Tesis. Universitas Airlangga. Surabaya.

Gallo, J. 1998. Gerontologi. Buku Kedokteran. Jakarta.

Munawirah, Masrul, dan Martini, D.M. 2017. Hubungan Beberapa Faktor Risiko dengan Malnutrisi pada Usia Lanjut di Nagari Sijunjung Kecamatan Sijunjung. Jurnal Kesehatan Andalas, 6 (2):324-330.

Chaichanawirote, U. 2011. Quality of Life of Older Adults: The Influence of Internal and External Factors. Case Western Reserve University.

Chou, K.L and Chi, I. 2010. Determinants of Life Satisfaction in Hong Kong Chinese elderly: A Longitudinal Study. Aging and Mental Health Journal, 3(4):328-335.

Syurandhari, D.H, Hargono, R., dan Saenun. 2015. Kualitas Hidup Lansia Panti Dan Non Panti Di Kabupaten Mojokerto. Jurnal Medica Majapahit, 7(2):76-94.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.