Peran PGPR sebagai Bahan Ramah Lingkungan dalam kegiatan Pemberdayaan Kelompok Tani di Desa Pujon Kidul

Agus Suryanto, Sudiarso Sudiarso, Paramyta Nila Permanasari, Santi Kusuma Fajarwati, Dewi Ratih Rizki Damaiyanti

Abstract

Desa Pujon Kidul merupakan desa pertanian yang memiliki luas lahan pertanian sayur mencapai 2.513 hektar dan 0.3 hektar digunakan budidaya tanaman padi dengan ketinggian wilayah 1200 m. Penggunaan PGPR dan pupuk organik yang merupakan bahan ramah lingkungan oleh petani Desa Pujon Kidul masih sangat terbatas sehingga berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan oleh KJF Sumber Daya Lingkungan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kelompok tani terhadap aplikasi PGPR dalam kegiatan budidaya tanaman pangan. Metode yang digunakan yaitu dengan penyuluhan aplikasi PGPR kepada masyarakat Desa Pujon Kidul khususnya kelompok Tani Sari Agung dan pembuatan demplot. Luaran yang diharapkan yaitu 1) Pemahaman kelompok tani Sari Agung terhadap aplikasi PGPR tanaman cabai, dan 2) Pemahaman tentang teknologi budidaya tanaman cabai yang sehat. Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu penyuluhan dan praktek penggunaan PGPR pada budidaya tanaman cabai membuka wawasan petani di Desa Pujon Kidul untuk menggunakan bahan ramah lingkungan, hal ini diperoleh dari kegiatan FGD (Forum group Discussion) dan data diperoleh melalui kuesioner. Rencana pengabdian kepada masyarakat selanjutnya dengan memberikan pendampingan pembuatan kebun bibit melalui metode pengomposan dan PGPR di Desa Pujon Kidul. Saran pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu perlu integrasi pengendalian hama pathogen terpadu pada budidaya tanaman cabai.

Keywords

cabai;PGPR; Pujon

Full Text:

PDF

References

Raka, I.G.N., Khalimi, K., Nyana, I.D.N., dan Siadi, I.K. 2012. Aplikasi Rizobakteri Pantoea agglomerans untuk Meningkatkan Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung (Zea mays L.) Varietas Hibrida BISI-2. Journal on Agriculture Science, 2(1):1-9.

Naihati, Y.F., Taolin, R.I.C.O., dan Rusaeca, A.2018. Pengaruh Takaran dan Frekuensi Aplikasi PGPR terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Selada (Lactuca sativa L.). Jurnal Pertanian Konservasi Lahan Kering, 3 (1):1-3.

Marom, N, Rizal, dan Bintoro, M. 2017. Uji Efektivitas Waktu Pemberian dan Konsentrasi PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) Terhadap Produksi dan Mutu Benih Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.). Journal of Applied Agricultural Sciences, 1(2):174-184.

Constantia, J dan Ferniah, R.S. 2020. Pertumbuhan Vegetatif Tanaman Cabai Pelangi (Capsicum annuum L.) pada Perlakuan PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria), Kombinasi PGPR-Pupuk NPK, dan PGPR-Kompos. Jurnal Ilmu Pertanian, 32(2):95-104.

Ramdan, E.P dan Risnawati, R. 2018. Aplikasi Bakteri Pemacu Pertumbuhan Tanaman dari Bababndotandan Pengaruhnya pada Perkembangan Benih Cabai. Jurnal Pertanian Presisi, 2(1):1-10.

Rachma, L.Y., Budi, I. S., dan Mariana. 2019. Waktu Aplikasi PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) terhadap Penyakit Antraknosa (Collectotrichum sp.) pada Tanaman Cabai Hiyung. Jurnal Proteksi Tanaman Tropika, 1(1):1-6.

Ollo, L., Siahaan, P., dan Kolondam, B.2019. Uji Penggunaan PGPR (Plant Growth-Promoting Rhizobacteria) terhadap Pertumbuhan Vegetatif Tanaman Cabai Merah (Capsicum annuum). Jurnal MIPA, 8(3):150-155.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.