Kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Agen Biokonversi Black Soldier Fly untuk Mengatasi Limbah Rumah Tangga

Sri hariningsih Pratiwi, Ridwan Isnaeni Mahfud

Abstract

Sampah menjadi masalah yang cukup pelik dalam suatu wilayah jika tidak tertangani dengan baik pengelolaannya karena dapat menyebabkan pencemaran lingkungan, baik polusi udara berupa bau tidak sedap maupun menjadi sumber penyakit yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Namun sampah organik yang dihasilkan oleh tiap rumah tangga dapat bernilai ekonomis apabila diolah dengan metode yang tepat. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk: 1) Memberikan satu solusi masalah limbah organik rumah tangga di desa Tembokrejo RT I RW II  dengan mitra KRPL Berkah Mandiri menjadi bernilai ekonomis serta dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat; 2) Mitra mengenal salah satu agen pengurai limbah organik, yaitu Black Soldier Fly. Metode yang digunakan:1)Wawancara dan sosialisasi, 2) Sosialisasi dengan pemaparan materi dan diskusi atau tanya jawab, dan 3) Pelatihan dengan ceramah dan demontrasi langsung. Berdasarkan evaluasi dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dapat disimpulkan: 1) Mitra belum memahami cara pengolahan limbah organik, 2) Dari segi hasil dan manfaat dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat diantaranya meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa limbah organik rumah tangga dapat diolah dengan memanfaatkan agen biodekomposer yang bernilai ekonomis serta lingkungan rumah tangga menjadi bersih, dan 3) Mitra memperoleh tambahan referensi tentang pengolahan limbah organik rumah tangga.


 

Keywords

biodekomposer; limbah rumah tangga; sosialisasi

Full Text:

PDF

References

Monita, L., Sutjahjo, S.H., Amin, A.A., dan Fahmi, M.R. 2017. Pengolahan Sampah Organik Perkotaan Menggunakan Larva Black Soldier Fly (Hermetia illucens). Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 7(3):227-234.

Fahmi, M.R. 2015. Optimalisasi Proses Biokonversi dengan Menggunakan Mini-Larva Hermetia illucens untuk Memenuhi Kebutuhan Pakan Ikan. Pros Semnas Masy Biodiv Indo, 1(1):139-144.

Dortmans, B.M.A., Diener S., Verstappen B.M., and Zurbrug, C. 2017. Proses Pengolahan Sampah Organik dengan Black Soldier Fly (BSF). Departemen Pengembangan Sanitasi, Air dan Limbah Padat. Eawag-Aquatic Research.

Diener, S., Zurbrügg, C., and Tockner, K. 2009. Conversion of Organic Material by Black Soldier Fly Larvae: Establishing optimal feeding rates’. Journal of Waste Management and Research, 27(6):603-610.

Alattar, M.A. 2012. Biological Tratment of Leachates of Microaerobic Fermentation. A Thesis Submitted in Partial Fulfillment of The Requirements for The Degree of. Portland State University. Porland.

Gabler, F. 2014. Using Black Soldier Fly for Waste Recycling and Effective Salmonella spp. Reduction. Theses. Swedish University of Agricultural Sciences, Swedish.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.