Pelatihan Dokter Cilik “Sadar PHBS” di SDN Ellak Laok IV, Kabupaten Sumenep

Nelyta Oktavianisya, Sugesti Aliftitah

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah merupakan upaya preventif untuk mencegah terjadinya penyakit yang bisa diterapkan di sekolah, sehingga dapat memberikan motivasi kepada siswa dalam menjaga dan meningkatkan kesehtan, mencegah penyakit, dan meminimalisisr perilaku berisiko. Permasalahan yang ada di SDN Ellak Laok IV adalah siswa tidak tahu cara mencuci tangan dengan benar, masih banyak siswa yang jajan sembarangan, tidak aktifnya Unit Kesehatan Siswa (UKS). Solusi dari maslah tersebut adalah diadakannya pelatihan dokter cilik “sadar PHBS” di SDN Ellak Laok IV. Metode PKM ini adalah sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang PHBS, kemudian dilakukan pelatihan siswa dengan membentuk tim sadar PHBS yang dijuluki dokter cilik dengan dibekali buku pintar PHBS. Buku pintar tersebut berisi penerapan PHBS di sekolah dalam bentuk gambar, sehingga bisa dipahami oleh semua siswa. Kegiatan PKM dilaksanakan di SDN Ellak Laok IV Kecamatan Lenteng pada bulan Juli 2019-Januari 2020. Hasil kegiatan pelatihan dokter cilik “sadar PHBS” ini berdampak baik yaitu hampir seluruhnya siswa pemahamananya meningkat dan penerapan PHBS masuk kategori baik.

Keywords

dokter cilik; sadar; perilaku hidup bersih dan sehat

Full Text:

PDF

References

Aswadi, A., Syahrir, S., Delastara, V., dan Surahmawati. 2017. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Siswa-Siswi SDK Rita pada Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur Propinsi Nusa Tenggara Timur. Journal of Public Health Science, 9(2):187-196.

Kementerian Kesehatan RI. 2011. PHBS di Sekolah.

Proverawati, Atika, dan Rahmawati, E. 2012. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Nuha Medika. Yokyakarta.

Banun, T.S. 2016. Hubungan antara Pengetahuan PHBS dengan Pola Hidup Sehat Siswa di SD Tamanan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(9):378-386.

Koem, Z.A.R., Barens, J., dan Sondakh, R.C. 2015. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Pelajar di SD Inpres Sukur Kecamatan Airmadidi Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Ilmiah Farmasi, 4(4):290-294.

Sari, N.I., Widjanarko, B., dan Kusumawati, A. 2016. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Sebagai Upaya untuk Pencegahan Penyakit Diare pada Siswa di SD N Karangtowo Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(3):1051-1058.

Bina Kesehatan Anak. 2015. Pedoman Akselerasi Pembinaan dan Pelaksana UKS.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.