Pelatihan Membangun Jiwa Wirausaha Aneka Kerajinan Berdasarkan Ajaran Tamansiswa kepada Ibu-ibu Wirogunan Yogyakarta

Jajuk Herawati, Siti Sumartiah, Pristin Prima Sari

Abstract

Jiwa kemandirian adalah penting untuk setiap manusia. Ajaran Tamansiswa mengajarkan jiwa kemandirian bagi setiap manusia. Jiwa kemandirian adalah jiwa wirausaha menurut ajaran Ki Hajar Dewantara. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha berdasarkan ajaran tamansiswa produk aneka kerajinan bagi Ibu-ibu Masyarakat Kalurahan Wirogunan Yogyakarta. Manfaat kegiatan adalah Ibu-ibu PKK dapat membuat produk yang produktif dan bernilai seni yang tinggi. Kegiatan ini dapat meningkatkan ketrampilan membuat produk aneka kerajinan bagi Ibu-ibu Masyarakat Kalurahan Wirogunan Yogyakarta. Metode kegiatan adalah 1) ceramah dan praktek membuat produk aneka kerajinan sulam, 2) Diskusi tanya-jawab antara peserta dan tim pengabdian. Hasil Kegiatan pengabdian adalah 1) Ibu-ibu Wirogunan dapat menguasai ketrampilan menyulam dan membuat boneka serta sarung bantal sulam, dan 2) Peserta kegiatan dapat mengenal lebih banyak strategi berwirausaha melalui produk aneka kerajinan sulam. Luaran hasil pengabdian adalah gantungan kunci boneka sulam, sarung bantal sulam, dan leaflet aneka kerajinan sulam.

Keywords

ajaran Tamansiswa; aneka kerajinan; kewirausahaan

Full Text:

PDF

References

Diah Lestari Mumpuni, P.P.S. 2019. Financial Attitude Dan Akses Kredit Formal Usaha Kecil di Taman Sari Yogyakarta. Jurnal Optimum, 9(1), 30–44.

Herawati, J, Tria, L, Hutami, H, & Sari, P.P. 2019. Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Dan Promosi. Jurnal Abdimas Dewantara, 2(1), 1–7.

Sari, Pristin Prima. 2019. Manajemen Usaha Kecil. Yogyakarta : CV.Samudra Biru.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.