Pemberdayaan Kelompok Tani Masyarakat dalam Pemanfaatan Limbah Sayuran sebagai Bahan Baku Pakan Ayam

Eka Fitasari, Wahyu Mushollaeni, Atina Rahmawati

Abstract

Sayuran sisa hasil panen dan penjualan dianggap sebagai limbah oleh para petani sayur Siswandi di Pujon Malang. Limbah sayuran dibiarkan menumpuk, dipinggirkan ke gudang, atau dibuang, sehingga jika membusuk akan mengakibatkan pencemaran dan bau yang menyengat. Padahal, sayuran sisa tersebut masih mengandung zat gizi makro dan mikro yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pakan ayam. Pakan pelet sangat dibutuhkan oleh peternak ayam Sumber Rejeki di Singosari Malang. Harga pelet pabrik yang mahal, mengakibatkan ayam diberikan pakan dari makanan sisa untuk menekan biaya produksi. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibutuhkan sinergitas dari petani sayur dan peternak melalui pelatihan pembuatan pelet yang mudah dibuat dan berdaya simpan lama, dengan memanfaatkan limbah sayur, serta penanganan pasca panen sayur. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan kedua kelompok tani dalam membuat pelet pakan ayam, serta peningkatan pendapatan peternak dengan produksi karkas ayam dalam kemasan vakum dan petani sayur dengan produksi sayur dalam kemasan.

Keywords

limbah sayuran; pakan; pelet; usaha sinergis; zero waste management concept

Full Text:

PDF

References

Kristiyanti, Mariana, dan Lisda Rahmasari, “Website sebagai Media Pemasaran Produk-Produk Unggulan UMKM di Kota Semarang” Jurnal Aplikasi Manajemen 13. 2 (2015): 186-196.

Wirawan, Wahyu Mushollaeni, and Hendrik Suhendri, “Business Image Improvement and Quality of Products of Meatballs Household Business and Catering” British Journal of Economics, Management & Trade 10. 2 (2015): 1-7.

Jauhari, Jaidan, “Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce” Jurnal Sistem Informasi 2. 1 (2010): 159-168.

Rinanto, Yudi, Sajidan, dan Umi Fatmawati, “Pemanfaatan Limbah Sisa Hasil Panen Petani Sayuran di Boyolali sebagai Bahan Baku Pembuatan Pupuk Cair Organik menuju Pertanian Ramah Lingkungan” Seminar Nasional Konservasi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Surakarta, Januari 2015: 231-236.

Samad, Yusuf, “Pengaruh Penanganan Pasca Panen terhadap Mutu Komoditas Hortikultura” Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia 8. 1 (2006): 31-36.

David, Jhon, dan Juliana C. Kilmanun. “Penanganan Pasca Panen Penyimpanan untuk Komoditas Hortikultura”. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian, Banjarbaru, Juli 2016: 1015-1026.

Amalia, Rizki, Nina Hairiyah, dan Nuryati, “Analisis Kerusakan Mekanis dan Umur Simpan pada Rantai Pasok Buah Naga di Kabupaten Tanah Laut” Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri 7. 2 (2018): 107-115.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2013, Pemberdayaan Peternak, 2 Januari 2013.

Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2016, Pembinaan Kelembagaan Petani, 20 Desember 2016.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.