Peningkatan Kesadaran Masyarakat terhadap Wabah Covid-19, Keluarahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang

Lorine Tantalu, ninin khoirunnisa, Wahyu Fikrinda

Abstract

Merebaknya kasus Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) di Indonesia menjadi permasalahan utama baik bagi pemerintah maupun masyarakat itu sendiri. Berbagai informasi terkait pengertian, tata cara perlindungan diri hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa kota besar yang berpotensi tertularnya infeksi virus.  Faktanya tidak semua orang memahami terkait apa itu Covid-19 dan apa yang harus dilakukan. Hasil pantauan lapangan untuk warga di sekitar Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru Kota Malang terkait masa pandemi Covid-19, khususnya Pedagang Kaki Lima (PKL), menunjukkan bahwa mereka masih belum memahami betul terkait Covid-19 dan apa yang harus dilakukan saat masa pandemi ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan cara pendampingan sesuai protokol Covid-19, yaitu dengan tetap menjaga jarak serta menggunakan masker saat melakukan ceramah dan diskusi kepada warga. Melalui kegiatan ceramah dan diskusi dengan pembagian sembako dengan maksud tetap menjaga asupan gizi saat pandemi, diharapkan warga sekitar khususnya di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru dan sekitarnya semakin mawas diri dengan lingkungan.

Keywords

asupan gizi; Covid-19; Kelurahan Merjosari; Malang

Full Text:

PDF

References

Beniac, D.R., Andonov, A., Grudeski, E., and Booth, T. F. 2006. Architecture of The SARS Coronavirus Prefusion Spike. Nature Structural and Molecular Biology, 13(8):751-752.

Yuliana. 2020. Corona Virus Diseases (Covid-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1):187-192.

Susilo, A., Rumende, C.M., Pitoyo, C.W., Santoso, W.D., Yulianti, M., Herikurniawan, Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L., Nelwan, E.J., Chen, L.K., Widhani, A., Wijaya., E., Wicaksana, B., Maksum, M., Annisa, F., Jasirwan, C.O.M., dan Yunihastuti, E. 2000. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1):45-67.

Pakpahan, A.K. 2020. Covid-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmu Hubungan Internasional, Edisi Khusus:59-64.

Putra, I.M.G dan Dana, I.M. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Return Saham Perusahaan Farmasi di Bei. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(11):6825-6850.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.