Penerapan Kegiatan Outbound untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa pada Anak TK B di TK ABBA 8 Kepanjen

Sarah Emmanuel Haryono, Henni Anggraini, Siti Muntomimah

Abstract

Perkembangan bahasa adalah salah satu aspek yang harus dikembangkan didalam diri anak usia dini. Perkembangan bahasa sangat penting dan menunjang setiap aspek didalam diri anak usia dini. Perkembangan bahasa mencakup kemampuan yang terkait dengan keaksaraan. Kemampuan keaksaraan meliputi beberapa indikator, yaitu: 1) Memahami aturan dalam suatu permainan, 2) Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama, 3) Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap, dan 4) Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awal yang sama. Upaya mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia dini perlu adanya kegiatan yang dapat memberikan stimulasi, yang menarik dan efektif bagi anak usia dini. Kehidupan anak usia dini tidak terlepas dari kegiatan bermain, maka pengabdi merancang sebuah kegiatan bermain didalam setting outbound, yang meliputi 3 macam permainan, yaitu: bisik berantai, bola berkata, dan holahoop. Kegiatan outbound diimplementasikan bagi anak TK B di TK ABBA 8 Kepanjen.

Keywords

outbound; perkembangan bahasa anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Undang-undang Republik Indonesia No 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Sutirna. 2013. Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: Andi Offset.

Crain W. 2007. Teori Perkembangan. Konsep danaplikasi. Yogyakarta : Pustaka pelajar.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda Karya.

Santrock J.W. 2015. Life-Span Development. USA: Mc Graw-Hill Humanities Social.

Macionis J.J dan Gerber L.M. 2005. Sociology. Pearson- prentice hall. USA.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoinesia no 137 tahun 2014. Standart Nasional Pendidikan Anak usia Dini.

Rocmah L. 2012. Model Pembelajaran Outbound Untuk Anak Usia Dini. Pedagogia Vol. 1 No. 2.

Danumainarto H dan Santosa A.B. 2007. Experiential Learning by Outbound. Titik Terang Publishing-Multimedia. Surabaya.

Ari D.R. 2017. Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Outbound di TK Kemala Bhayangkari Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.