PELATIHAN, PEMBINAAN DAN PENDAMPINGAN KADER POSYANDU BAYI DAN BALITA DALAM PENATALAKSANAAN MTBS DI KELURAHAN MOJOLANGU KOTA MALANG

Yuniar Angelia P, Jiarti Kusbandiyah Kusbandiyah

Abstract

Kelurahan Mojolangu merupakan salah satu bagian dari wilayah kerja Puskesmas Mojolangu. Jumlah kunjungan balita batuk/kesukaran bernafas selama tahun 2018 sebanyak 365 balita dan yang mengalami pnemonia sebanyak 62 balita. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa partisipasi ibu bayi dan balita dalam kegiatan posyandu bayi dan balita hanya mencapai 30%. Rendahnya partisipasi bayi dan balita dalam kegiatan posyandu bayi dan balita dapat disebabkan karena kurang maksimalnya peran kader posyandu bayi dan balita. Tujuan PKM ini adalah meningkatkan citra diri kader Posyandu Bayi dan Balita. Target khusus yang ingin dicapai adalah membekali kader dengan kemampuan dasar kesehatan agar dapat membantu petugas kesehatan dalam upaya pencegahan komplikasi batuk pilek dan diare pada bayi dan balita di wilayah Kelurahan Mojolangu. Metode yang digunakan mencakup pelatihan, pembinaan dan pendampingan. Pelatihan yang diberikan pada kader berupa: kemampuan memberikan penyuluhan kesehatan sederhana terkait penyakit yang sering terjadi pada bayi dan balita seperti batuk, pilek, diare maupun sampai ke gizi buruk, penimbangan berat badan, pengisian Kartu Menuju Sehat (KMS) bayi dan balita, kemampuan mengenali tanda-tanda bahaya umum dan mampu memberikan saran rujukan, serta mampu memotivasi masyarakat untuk berperan aktif dalam posyandu bayi dan balita. Pembinaan dan pendampingan dilakukan dalam penyelenggaraan posyandu Bayi dan Balita untuk mengevaluasi hasil pelatihan yang telah diberikan pada kader Posyandu Bayi dan Balita.

Keywords

MTBS; Kader; Posyandu Bayi dan Balita; PKM

Full Text:

PDF

References

Yusuf Ln, S. (2000). Buku Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung : Remaja Rosdakarya. Depkes RI. Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS), Modul 1 – 8, Edisi Revisi Dirjen Kesehatan RI Jakarta, 2008.

Departemen Kesehatan RI , Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat . Petunjuk Teknis: Penggunaan dana APBN yang dilaksanakan di Propinsi, Kabupaten/ Kota Program Upaya Kesehatan Masyarakat dan Program Perbaikan Gizi Masyarakat Tahun Anggaran 2007. Jakarta, 2007

World Health Organization. Integrated Management of Childhood Illness: Global status of Implementation. WHO, Juni 1999. Dari http : //www.emro.who.int/cah/MDG-about.htm. Download 17 Desember 2006.

Departemen kesehatan RI dan WHO . Modul -1 MTBS: Pengantar . Dinkes Jateng, 2006

Depkes RI. Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS), Modul 1 – 7, Edisi 2 Dirjen Kesehatan RI Jakarta, 2005.

Overby, Kim J. Pediatric Health Supervision dalam: Rudolph’s Fundamental of Pediatrics. Editor: Abraham M Rudolph, Robert, K, Kamei, Kim J Overby, Third Edition, Mc.Graw-Hill Companies, Inc. San Francisco, 2002.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.