Optimalisasi Peran Kader dalam Prgram “Generasi Bebas Stunting” di Desa Bendosari, Kecamatan Pujon

Ika Arum Dewi Satiti, Waifti Amaliaia

Abstract

Stunting merupakan salah satu masalah anak tertinggi yang terjadi di Indonesia. Stunting merupakan kondisi kurang gizi kronis yang ditandai tinggi badan anak lebih rendah dari standar usianya. Kondisi stunting menyebabkan kinerja pekerjaan fisik dan fungsi intelektual terganggu sehingga erat kaitannya dengan kejadian sakit dan gangguan tumbuh kembang. Orang tua berperan besar dalam pertumbuhan balita, namun mereka terkadang kurang dalam memeberikan asupan gizi dan memantau tumbuh kembang balita. Peran aktif kader kesehatan dalam masalah tumbuh kembang diharapkan dapat mengurangi masalah stunting pada balita. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kader dalam melakukan skrining dan pencegahan terhadap stunting. Solusi yang ditawarkan oleh tim pelaksana adalah meningkatkan peran fungsi kader Posyandu tentang pelatihan tentang metode skrining dan pencegahan stunting pada balita di Desa Bendosari melalui pelatihan dan pendampingan pemantauan tumbuh kembang oleh kader Posyandu. Rangkaian kegiatan ini dilakukan selama 2 bulan (Juni-Agustus 2019). Kegiatan ini mencapai hasil yakni meningkatnya keterampilan kader Posyandu tentang stunting; skrining, pencegahan, dan penanganannya. Meningkatnya pengetahuan orang tua tentang pemuhan gizi Balita. Tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan seperti buku panduan, leaflet, ATK, Timbangan berat badan, dan alat pengukur tinggi badan. Kader Posyandu juga melakukan skrining stunting dan memberikan penyuluhan pada orang tua balita secara kontinu.

Keywords

balita; kader posyandu, stunting

Full Text:

PDF

References

Depkes RI. 2018. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar Indonesia. Jakarta.

Amalia H dan Mardiana. 2016. Hubungan pola asuh gizi ibu dengan status gizi balita di wilayah kerja Puskesmas Lamper dengan Kota Semarang. Journal Of Health Education; Vol.1 No.2.

Hidayah A.A. 2015. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Jakarta: Salemba Medika.

Renyoet S.B. 2012. Hubungan Pola Asuh dengan Kejadian Stunting Anak Usia 6-23 Bulan di Wilayah Pesisir Kecamatan Tallo Kota Makassar. Jurnal Repository. Unhas.ac.id.

Hurlock E. 2009. Perkembangan Anak Edisi 2. Jakarta: Erlangga.

Fikawati S. 2018. Gizi Anak dan Remaja. Jakarta: Gramedia.

Dinas Kesehatan Kabupataen Malang. 2018. Profil Kesehatan Kabupaten Malang: Malang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.