Peningkatan Pemahaman Mengenai Keamanan Pangan bagi Masyarakat Desa Tegalweru

Ruth Febriana Kesuma, Sultan Arif Rahmadianto, Yuyun Yuniati

Abstract

Desa Tegalweru yang terletak di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang dikenal dengan hasil panennya yaitu cabai, jeruk, pisang, dan tomat. Program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan pada tahun 2018 adalah membantu permasalah mitra dalam mengelola potensi lokal yang ada di Desa Tegalweru untuk meningkatkan nilai jual produk di desa tersebut. Upaya yang telah dilakukan adalah memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai keamanan pangan, bagaimana pengolahan pangan yang sehat dan pemanfaatan bahan tambahan pangan yang aman bagi kesehatan. Berdasarkan hasil survei terhadap penduduk setempat, kemudian dilakukan analisis menggunaan wilcoxon test, dihasilkan p-value = 1. Berdasarkan hasil tersebut didapati bahwa terjadi peningkatan kesadaran masyarakat mengenai teknik pengolahan pangan yang sehat dan penggunaan BTP yang aman bagi tubuh atau kesehatan.

Keywords

bahan tambahan pangan; Desa Tegalweru; keripik pisang

Full Text:

PDF

References

Rinto A.E. dan Utama S.B. 2009. Kajian Keamanan Pangan (Formalin, Garam, dan Mikrobia) pada Ikan Sepat Asin Produksi Indralaya. J. Pembangunan Manusia. 2(2).

Yasmin G dan Madanijah S. 2010. Perilaku Penjaja Pangan Jajanan Anak Sekolah Terkait Gizi dan Keamanan Pangan di Jakarta dan Sukabumi. J. Gizi dan Pangan, 5(3), pp. 148-157.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.