IbM-Paguyuban Ibu-Ibu Kelurahan Tegalweru: Perancangan Desain Product label dan Trademark Oleh-oleh Khas Malang Produksi Desa Tegalweru Kabupaten Malang

Sultan Arif Rahmadianto, Ruth Febriana Kesuma, Yuyun Yuniati

Abstract


Program pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan omset penjualan produk olahan oleh-oleh khas Malang yang diproduksi oleh paguyuban ibu-ibu Kelurahan Tegalweru, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang melalui perancangan desain product label dan trademark. Strategi untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui program IbM yang meliputi dua kegiatan, yaitu (1) sosialisasi materi pengantar desain sebagai alat pemasaran produk yang efektif dan (2) perancangan desain product label dan trademark produk olahan oleh-oleh khas Malang. Sasaran program ini adalah paguyuban ibu-ibu di kelurahan Tegalweru, Dau, Malang. Kegiatan sosialisasi materi pengantar desain sebagai alat pemasaran produk yang efektif dilaksanakan dalam satu kali pertemuan dengan pimpinan paguyuban ibu-ibu dalam bentuk presentasi dan diskusi. Adapun kegiatan perancangan desain product label dan trademark dilaksanakan selama kurang lebih 6 bulan dalam bentuk program pendampingan. Keberhasilan program pengabdian masyarakat ini ditentukan berdasarkan peningkatan wawasan tentang desain sebagai alat pemasaran produk yang efektif dan peningkatan omset dari penjualan produk olahan oleh-oleh khas Malang. Hasilnya adalah meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang pengemasan produk olahan oleh-oleh khas Malang yang lebih menarik dan adanya desain product label dan trademark sebagai identitas produk olahan oleh-oleh khas Malang yang lebih menarik. Hasil ini menggambarkan bahwa program pengabdian pada masyarakat paguyuban ibu-ibu Kelurahan Tegalweru efektif untuk meningkatkan omset penjualan produk olahan oleh-oleh khas Malang.

Keywords


pemberdayaan; paguyuban ibu-ibu; desain product label; dan trademark

Full Text:

PDF

References


Rahmadianto, Sultan Arif, “Perancangan Corporate Identity S1 Desain Komunikasi Visual Universitas Ma Chung sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awarenes” Journal of Visual Communication Desingn. Vol.IV (2016): 284.

“UKM Malang Lirik Pasar Semarang,” RADAR, 12 February 2017, sec. D3.

BALITKABI.” Panen Melimpah di Kabupaten Malang. 15 January 2018. . (diakses pada 03 September 2018).

Wheeler, Alina. Design Brand Identity. Willey and Sons inc. US, 2009.

Abasov, Mike. Basic Component of Your Corporate Identity. Marketing before funding. US , 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/japi.v4i1.1229

Article metrics

Abstract views : 108 | views : 67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sultan Arif Rahmadianto, Ruth Febriana Kesuma, Yuyun Yuniati

Plagiarism Check and indexed by:


Universitas Tribhuwana Tunggadewi © 2017