Pembentukan Srikandi ASI Kelompok Pendukung ASI Eksklusif (KP-ASI) dalam Gerakan Gemar ASI Eksklusif Melalui Kader Posyandu di Desa Sambigede Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang

Senditya Indah Mayasari, Nicky Danur Jayanti

Abstract


Permasalahan pemberian ASI eksklusif dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya masih sangat terbatasnya tenaga konselor ASI (KP-ASI), belum adanya peraturan perundangan tentang pemberian ASI, belum maksimalnya kegiatan pemberian konseling / edukasi, sosialisasi, advokasi, dan kampanye terkait pemberian ASI maupun MP-ASI, masih kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana, serta belum optimalnya pembina kelompok pendukung ASI. Faktor lain adalah faktor sosial budaya seperti dukungan suami, ketidaktahuan masyarakat, gencarnya promosi susu formula, dan kurangnya fasilitas menyusui di tempat kerja. Tujuan pembentukan dan peningkatan ketrampilan Srikandi ASI sebagai motivator KP-ASI Eksklusif oleh kader posyandu sehingga mampu memberikan berbagi pengalaman tentang menyusui kepada ibu menyusui lainnya. Peningkatan kualitas pendampingan melalui pelatihan belum pernah dilakukan sehingga dapat memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat yang berhubungan dengan pemberian ASI Eksklusif. Solusi yang ditawarkan adalah pembentukan Srikandi ASI Kelompok Pendukung ASI Eksklusif (KP-ASI) oleh kader posyandu di Desa Sambigede Kec. Sumberpucung. Meningkatan peran dan fungsi kader posyandu melalui pelatihan konselor ASI. Pendampingan pada kader posyandu selama proses pelaksanaan kegiatan. Monitoring dan evaluasi oleh bidan pelaksana terhadap KP-ASI yang telah dibentuk. Rangkaian kegiatan ini dilakukan selama 1 bulan (Agustus-September 2018). Kegiatan ini mencapai hasil terbentuknya Kader KP-ASI dengan adanya komitmen bersama dan terlaksananya pendampingan Kader KP-ASI selama 4 hari.

Keywords


ASI Eksklusif; KP ASI; Kader

Full Text:

PDF

References


Depkes RI. 2009. Petunjuk Teknis Penggunaan Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta.

Dinas Kesehatan Kabupaten Malang. 2017. Profil Kesehatan Kabupaten Malang. Malang.

Eveline PN. 2008. Air Susu Ibu Hak Ibu dan Bayi. IADI. Jakarta.

Lestari. 2008. Faktor Ibu bayi yang Berhubungan dengan Pemberian ASI Eksklusif di Indonesia Tahun 2007 (Analisis Survei Demografi Kesehatan Indonesia 2007).Skripsi. FKM UI. Depok.




DOI: http://dx.doi.org/10.33366/japi.v4i1.1154

Article metrics

Abstract views : 421 | views : 147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia)

Plagiarism Check and indexed by:


Universitas Tribhuwana Tunggadewi © 2017