IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA GURITA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asfar, A. M. I. T., Asfar, A. M. I. A., Asfar, Aa. H., & Kurnia, A. (2020). Landasan Pendidikan: Hakikat dan Tujuan Pendidikan (Implications Of Philosophical Views Of People In Education). Jurnal Pendidikan dan Edukasi, 2(1), 1–15. https://doi.org/DOI:10.13140/RG.2.2.22158.10566
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hasanah, U., Wijayanti, R., Metty Liesdiani, dan, Pendidikan Matematika, P., & PGRI Bangkalan, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya
Hidayat, I. (2019). 50 Strategi Pembelajaran Populer. Diva Press.
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya” (C. Wijaya & Amiruddin, Ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Hutapea, D. O., Sakti, R., Gaol, L., Sidebang, D. D., Taufiq, T. A., Rachman, F., &
Siagian, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Konvensional dalam Mata Pelajaran PKn untuk Mengatasi Permasalahan Belajar pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 27 Medan. Pancasila and Civics Education Journal, 2(3), 28–32. https://doi.org/10.30596/jcositte.v1i1.xxxx
Kurniasari, R., & Rezania, V. (2022). Penerapan Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 33–38.
Listiyaningsih, S., & Sadjiarto, A. (2018). Perbedaan Metode Pembelajaran Jigsaw Dengan Metode Pembelajaran Team Games Turnament Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan. Ecodunamika, 1(1). https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/152
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W.,
Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. Dalam EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 3, Nomor 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Mufidah, Z., Azizah, N., Saputra, E., Kunci, K., Fishbowl, M., Fiqih, M., & Tindakan Kelas, P. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Fishbowl dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih. Dalam Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 3, Nomor 1).
Nuryanti, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bilangan Romawi bagi Siswa Tunarungu Kelas IV SDLB. JASSI anakku, 20(1), 40–51. https://doi.org/10.17509/jassi.v19i1.22711
Pristiwanti, D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Raikhan. (2018). ANALISIS PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH MI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERAMAH DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT). Awwaliyah: Jurnal PGMI, 1(1).
Rifqi, M. (2022). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Model Team Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1). https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i1.271
Rosida, P., Suprihatin, T., Psikologi, F., Islam, U., & Semarang, A. (2011). Pengaruh Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas 2 SMU. 6(2), 89–102.
Rozhana, K. M., & Anwar, M. F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Hasil Belalajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 6(1), 95–103. https://doi.org/10.21067/jbpd.v6i1.5957
Rozhana, K. M., & Sari, N. K. (2019). Karakter Untuk Menghadapi Era Sustainable Development of Learning Assessment on Character. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4, 119–126.
Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi
Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Pt Rajagrafindo Persada.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.
Refbacks
- There are currently no refbacks.