PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA KELAS VIII DI SMP SUNAN GIRI MALANG

marselina bulu23

Abstract

Salah satu sekolah yang turut memaksimalkan penerapan media dalam pembelajaran adalah SMP Sunan Giri Malang. Media pembelajaran yang sering digunakan adalah buku paket kemendikbud edisi revisi 2017 dan LKS. Adapun dalam kegiatan pembelajaran belum pernah menggunakan media pembelajaran seperti buku saku. Oleh sebab itu, peneliti merasa bahwa penting untuk mengembangkan sebuah media yang dapat digunakan atau dipakai dalam  mata pelajaran IPA  biologi yang di desain semenarik mungkin dan juga praktis bisa dibawa kemana-mana dan sebagai media pembelajaran tambahan untuk siswa selain buku paket dan LKS salah satunya adalah buku saku. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah Untuk Menghasilkan Media Pembelajaran Buku Saku  yang Valid Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia kelas VIII Di SMP Sunan Giri Malang.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Tahapan model ADDIE menurut Branch (2009) yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Namun dalam penelitian ini peneliti tidak menggunakan tahap implementation hal ini dikarenakan peneliti hanya  menghasilkan produk media pembelajaran serta kevalidan dari produk yang dikembangkan.

Hasil analisis validasi dari ahli validator ahli materi adalah 95,55% dengan kategori sangat valid, ahli media 84% dengan kategori valid, ahli praktisi 80% dengan kategori valid, dan respons siswa perorangan 87,69%, skala kecil 90,32%, sedangkan skala besar 91,95%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan telah dihasilkan media pembelajaran buku saku yang valid materi sistem ekskresi pada manusia kelas VIII di SMP Sunan Giri Malang.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Buku Saku.

                                                                                         

Keywords

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Buku Saku.

Full Text:

PDF

References

Akbar, Sa’dun. (2013). Instrument Perangkat Pembelajaran. PT Bandung: Remaja RosadakaryA.

Arikunto, Suharsimi. (2012) “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran, edisi revisi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Asyhari, A. & Helda, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 5(1): 1-13.

Budiarta, W. I. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Model ADDIE untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X-1 semester genap di SMAN 1 Sukasada Buleleng Bali. Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(1):1-12.

Mardatillah. (2018). Pengembangan Buku Saku Identifikasi Tumbuhan Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MIA 3 MA Madani Alauddin Paopao. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Makassar.

Pusat Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Setyono, Sukarmin, & Wahyuningsih. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Diitinjau dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.1 (1): 118. (Online). (http//jurnal.fkip.uns.ac.id, diakses tanggal 14 Januari 2015).

Sulistyowati, Annur. (2019). Pengembangan Buku Saku Mata Pelajaran Matematika Materi Geometri Dan Aritmatika SD/MI. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3): 234-245.

Trisianawati, E., Djudin, T., & Katihada. T. (2017). Penyediaan Bahan Bacaan Berupa Buku Saku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 5 Monterado. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 219-229.

Windayani, W., Kasrina, K., & Ansori, I. (2018). Pengembangan Buku Saku Berdasarkan Hasil Eksplorasi Tanaman Obat Suku. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 51-57. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.51-57

Wira, A. (2021). Validitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Universitas Negeri Padang.

Yasid, K., Susantini, E., & Fitrihidajati, H. (2016). Validitas Buku Saku Materi Ekologi untuk Siswa Kelas X SMA. BioEdu. 5 (3): 390-396.

DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i1.5455 | Viewed : 7 | Download : 6
Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.