PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE BERPIKIR BERPASANGAN DI SEKOLAH DASAR LABORATORIUM UM KOTA MALANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, M. F. N., Wicaksono, A. A., & Pangambang, A. T. (2022). Penggunaan Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan. Musamus Journal of Primary Education, 5(1), 57–64. https://doi.org/10.35724/MUSJPE.V5I1.4367
Cámara-Zapata, J.M.; Morales, D. (2020) Cooperative learning, student characteristics, and persistence: An experimental study in an engineering physics course. Eur. J. Eng. Educ. 2020, 45, 565–577
Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Penerapan Metode Think PAir Share.
Dendup, T.; Onthanee, A. Effectiveness of cooperative learning on English communicative ability of 4th grade students in Bhutan. Int. J. Instr. 2020, 13, 255–266
Erdogan, F. Effect of cooperative learning supported by reflective thinking activities on students’ critical thinking skills. Eurasian. J. Educ. Res. 2019, 19, 89–112
Ghaith, G.M. Teacher perceptions of the challenges of implementing concrete and conceptual cooperative learning. Issues Educ. Res. 2018, 28, 385
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020. Mendikbud RI, 1–2.
Keramati, M.R.; Gillies,R.M. (2022). Advantages and Challenges of Cooperative Learning in Two Different Cultures. Educ. Sci. 2022, 12, 3. https://doi.org/10.3390/educsci12010003
Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 43–63. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.912
Laal, M. & Ghodsi, S.M. (2012). Benefits of collaborative learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Volume 31, 2012, Pages 486-490. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.091
Listyarini, L., & Nafarin, S. F. A. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 58–65.
Masana, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. 6(2), 153–159.
Setiawan, R., & Arifendi, R. F. (2016). Penggunaan Chabi (Charming Dustbin) Dan Keranjang Takakura Sebagai Upaya Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(3), 215–221.
Setiawati, W. (2013). Upaya Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Penerapan Model Student Facilitator And Explaining Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Ivc Sd Muhammadiyah 2 Kauman Surakarta Tahun 2012/2013. Article. 2013
Wicaksono, A. A., & Bariska, H. F. (2018). Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Jawa Timur Dengan Model Pakem Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 144. https://doi.org/10.29407/jpdn.v3i2.11786
Wicaksono, A. A., & Damayanti, M. I. (2013). Penerapan StrategiQuantum Writing Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jpgsd, 1(2), 0–216.
Wicaksono, A., & Irianti, N. (2022). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 2(1), 21–26. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i1.59
Wicaksono Alam, A., & Fikri Bariska, H. (2019). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Model Assure Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, III. https://doi.org/10.23969/jp.v3i2.1235
Refbacks
- There are currently no refbacks.