PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 PACIRAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, B. (2012) Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Andhika, I Md. Edi, I Wyn. Rinda Suardika, dan I Km. N. Wiyasa. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Berbasis Media Audio Visual Animation Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Mimbar PGSD Vol. 1 (2013).
Azmi, N. (2015). Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran. Al Ibtida-Jurnal Pendidikan Guru MI Vol. 2, No. 1 (2015).
Creswell, J. W. (2016). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (4th Editio). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamansah & Syamsiah. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Biologi dengan Menggunakan Metode Problem Posing dan Metode Inside Outside Circle (IOC) Pada Pokok Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA Yapip Sungguminasa Gowa. Jurnal BIOTEK 3, no. 2 (2015): 70–84.
Izzati, N., Tambunan, L. R., Susanti, S., & Siregar, N. A. R. (2019). Pengenalan Pendekatan STEM sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1(2), 83–89.
Miyarso, E. (2021). Perancangan Pembelajaran inovatif. Modul PPG Kemendikbud.
Muhammad, A.R. (2012). Pendidikan Agama: Sebuah Kewajiban Rumah Tangga pada Peringkat Awal. Jurnal Ilmiah Didaktika Vol. 12, No. 2. Februari 2012.
Ningsih, Yunita, S. & Andriani, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. MES (Journal of Mathematics Education and Science) Vol. 2, No. 2
Prihastuti, Pudjawan, P. & Raga, I.G. (2014). Penerapan Model Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak TK Cerdas Mandiri Denpasar. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 02 No. 01 (2014).
Rahmah, N. & Rafika. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside- Outside- Circle dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Islamic Education Management Vol.2, No.1 April 2017, Hal 1-14.
Ramlawati & Yunus, S.R (2021). Desain Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendekatan STEM. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA II Optimalisasi Literasi Digital Melalui Pendekatan STEM. Universitas Negeri Makassar. Hal 15-22.
Riyadi, I. (2015). Integrasi Nilai-Nilai Kecerdasan Emosional dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA: Perspektif Daniel Goleman. Hunafa. Jurnal Studia Islamika 12, no. 1 (2015): 141–163.
Rusmini. (2017). Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Karakter dan Attitude. Jurnal Nur El-Islam. Vol 4 No 2, h. 79-96.
Suprijono, A. (2012). Kumpulan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya.
Susanti, Md., Trisna, N.W.A, Luh, P.T., & Mahadewi, P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol. 5 No. 2
Widyawati, Y. F. (2020). Model Inkuiri dan Pendekatan STEM Dengan Proyek Termotolsi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Suhu dan Kalor Pada Peserta Didik Kelas VIIa di SMPN 1 Jenggawah. Jurnal Edukasi, 7(3), hal 12-26.
Refbacks
- There are currently no refbacks.