Penguatan Konsep Operasi Bilangan Bulat Pada Siswa Inklusi Melalui Media Matryk (Math Story Book)

Rusdiana Rina, Seroja Miftahul Jannah, Vina Erni Pratiwi, Sandha Soemantri

Abstract

Meningkatkatnya jumlah Anak Berkebutuhan Khusus di Indonesia setiap tahunnya membuat pihak pemerintah harus melakukan penanganan bagi ABK khususnya dalam bidang pendididikan. Pihak pemerintah telah berusaha untuk memfasilitasi kebutuhan pendidikan bagi ABK dengan adanya Sekolah Luar Biasa. Namun realitasnya SLB kurang maksimal dalam memberikan pelayanan pendidikan terhadap anak didiknya, karena media yang digunakan hampir seluruh SLB di Indonesia masih berbentuk konvensional. Padahal dalam sebuah pembelajaran perlu adanya inovasi pembelajaran supaya peserta didik lebih bersemangat dan mudah memahami materi yang diajarkan, terutama dalam pelajaran matematika karena selama ini matematika masih menjadi pelajaran yang sulit dan tidak digemari siswa. Padahal anak ABK juga memerlukan matematika agar mampu berpikir secara matematis dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya memperbaiki media pembelajaran dalam mata pelajaran matematika adalah dengan adanya inovasi media pembelajaran. Pembelajaran matematika untuk ABK dengan media visual 3 dimensi akan sangat menyenangkan dan diminati ABK. Adapun masyarakat sasaran dari program ini adalah siswa kelas I–V SDLB/C KUMARA II SURABAYA. Sebagian besar siswa merasa bosan bahkan tidak mampu memahami matematika dalam proses pembelajaran karena penggunaan media pembelajaran yang masih konvensional. Selain itu, data kuisioner media pembelajaran konvensional vs inovasi media pembelajaran menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas I–V SDLB/C KUMARA II SURABAYA lebih suka bermain sendiri atau keluar kelas daripada harus memperhatikan guru mengajar. Memperhatikan permasalahan yang ada, dilakukan program pengabdian kepada masyarakat MATRYK (Math Story Book) sebagai upaya dalam inovasi media pembelajaran melalui proses pembelajaran matematika di SDLB/C KUMARA II SURABAYA. Tujuan dari program ini adalah untuk membantu ABK memahami matematika dengan mudah melalui proses pembelajaran matematika dengan langsung mengaplikasikan matematika dalam cerita yang ada di buku sehingga dapat melatih siswa dalam mengatasi persoalan matematika sehingga dapat melatih kemampuan matematis anak sebagai bekal dalam kehidupan sehari-hari.  

Keywords

matryk, matematika, inovasi pembelajaran, tunagrahita

Full Text:

PDF

References

Direktorat Pendidikan Luar Biasa. 2004. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Dirjendikdasmen.

Permatasari, Dwi. 2016. Humanistic Brief Group Therapy untuk Meningkatkan Penerimaan Ibu yang memiliki Anak Cerebral Palsy. http://etd.repository.ugm.ac.id/. (22 mei 2019).

Rozhana, K,M & Sari, N,K. 2018. Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran untuk Menumbuhkan Sikap Nasionalisme. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Profesionalisme Dosen dan Guru Indonesia, Volume 2 (Online) (https://semnas.unikama.ac.id/fip/unduhan/2018/47851298.pdf), di akses 21 Juni 2019.

Sari, NK. 2016. Kemampuan Berpikir Kreatif Konsep Geometri Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Volume 1 (online) http://repository.unikama.ac.id/839/1/PROSIDING%20SEMINAR%20NASIONAL%20PENDIDIKAN%20MATEMATIKA%202016.pdf, diakses 15 Mei 2019.

Sari, NK. 2016. Menggunakan Penajaman Ciri Questioning & Clarifying Untuk Membelajarkan Fungsi Polinomial. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya Volume 1 No. 2 (online) http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme/article/view/270/258 diakses pada 15 mei 2019.

Soemantri, Sandha. 2019. PBL dengan pendekatan realistic mathematic meningkatkan nilai karakter siswa berkebutuhan khusus. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 5 No.1

Tarnoto, Nissa. 2016. Permasalahan–Permasalahan yang Dihadapi sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi pada Tingkat SD. Humanitas, Vol. 13 No. 1

DOI: https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1354 | Viewed : 503 | Download : 1062
Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References Review policy - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.